Dandim: Jangan Sepelekan Potensi Karhutla

KBRN Nagan Raya: Komandan Kodim (Dandim) 0116/ Nagan Raya, Letkol Inf Guruh Tjahyono, S.I.P., M.Pol  mengajak semua pihak serius melakukan pencegahan dan tidak menganggap sepele potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Lakukan langkah - langkah penanganan yang maksimal, jangan sepelekan jika ada potensi terjadi karhutla, karena dampaknya akan sangat besar," katanya disela - sela sosialisasi  Kampanye Anti Karhutla di Makodim setempat, Kamis, (13/02/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 0116/ Nagan Raya, perwakilan dari Polres Nagan Raya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagan Raya dan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup serta tokoh masyarakat daerah setempat.

Baca juga: Danrem 012 Teuku Umar Perintahkan Jajaran Antisipasi Karhutla

Letkol Inf Guruh Tjahyono, mengatakan bahwa ada kecerendungan peningkatan kebakaran pada tahun 2019 lalu, untuk itu mulai saat ini dilakukan kegiatan antisipatif dengan gencar menggelar kampanye anti Karhutla di seluruh jajaran Kodim.

"Kita melakukan action Kampanye Anti Karhutla di seluruh wilayah, sosialisasi di desa binaan, himbauan dengan memasang spanduk di lokasi rawan kebakaran, latihan pemadaman kebakaran dan intensif patroli bersama," jelasnya lagi.

Dandim menjelaskan, kesiapan kita meliputi mensinergikan dengan stake holder dan instansi terkait,  menyiapkan sarana dan prasarana, mengintensifkan koordinasi antar penegak hukum penanganan Karhutla termasuk sanksi hukum.

Sementara itu Kapusdalops BPBD Nagan Raya, Agus Salim mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja Babinsa yang selama tahun 2019 telah berusaha keras bersama-sama bersinergi memadamkan kebakaran di wilayah Kabupaten Nagan Raya.

"Intinya kita jangan sepelekan penanganan Karhutla karena, Nagan Raya termasuk wilayah yang menjadi perhatian pemerintah pusat selain Singkil, Aceh Barat dan Aceh Jaya. Termasuk sanksi hukum bagi pelaku," demikian Letkol Inf Guruh Tjahyono.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00