Tim Penyelam Barat Selatan Kibarkan Bendera Merah Putih Didasar Laut Karang Tongkat Tuan Tapa Di Kabupaten Aceh Selatan

Peserta kegiatan
Titik Lokasi kegiatan

KBRN Tapaktuan : Tim penyelam barat selatan Aceh  terdiri dari Tapaktuan Diving Club' (TDC) Aceh Selatan,  PDC Aceh Barat Daya (Abdya), SDC UTU Meulaboh, Aceh Barat, dan RDC Aceh Jaya, mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut karang tongkat Tuan Tapa, Rabu (17/8/2022).

Pengibaran Bendera Merah Putih di kedalaman 10 meter disekitar karang tongkat Tuan Tapa tersebut dalam rangka memeriahkan  HUT RI Ke-77 di Kabupaten Aceh Selatan, yang dijuluki kota tuan tapa.

Kegiatan tersebut didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan,  Pimpinan beserta Anggota DPRK Aceh Selatan,  TNI AL Pos Tapaktuan, dan KPLP Tapaktuan. 

Untuk  mencapai lokasi karang tongkat Tuan Tapa,  tim penyelam menggunakan empat  unit perahu karet,  bergerak dari  Pelabuhan Tapaktuan. 

Sebelum bergerak ke lokasi, tim penyelam menggelar  doa bersama yang dipimpin oleh Mayfendri selaku koordinator pelaksana kegiatan di atas dermaga Tapaktuan.  

Saat  tiba di lokasi, tim penyelam turun menyelam ke dasar laut karang tongkat Tuan Tapa untuk mengibarkan Bendera Merah Putih.  Setelah itu menyanyikan lagu Indonesia Raya  di atas permukaan laut.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara diatas perahu karet, Kepala KPLP Tapaktuan, Jaruslim SH dan Komandan Upacara, Anggota TNI AL Pos Tapaktuan, Serka Billy Habibi. 

Sebagaimana dikutip dari buku "Legenda Tapaktuan" yang ditulis Almarhum Dahrul Qutni S.Pd,  karang tongkat tersebut adalah milik Tuan Tapa saat bertarung dengan dua ekor naga.

Dalam pertarungan sengit melawan  dua ekor naga tersebut, Tuan Tapa melemparkan tongkatnya  dan mengenai dua naga. Hingga saat ini keberadaan tongkat tersebut bisa terlihat dari daratan kawasan kota Tapaktuan. 

Koordinator tim penyelam, Mayfendri kepada pada rri.co.id mengatakan,  kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut karang tongkat Tuan Tapa,  untuk memeriahkan HUT RI Ke-77 di Kabupaten Aceh Selatan. 

"Sekaligus untuk mengenalkan keindahan bawah laut karang tongkat Tuan Tapa pada masyarakat," ujarnya.

Ia juga menyebutkan,  kawasan bawah laut karang tongkat Tuan Tapa mencapai seluas lapangan bola kaki. Terumbu karangnya sangat indah. 

"Kawasan karang tongkat Tuan Tapa sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata bawah laut," ucapnya. 

Kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada tim penyelam dari PDC Aceh Barat Daya (Abdya), SDC UTU Meulaboh, dan RDC Aceh Jaya  yang telah  bergabung mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut karang tongkat Tuan Tapa. 

"Alhamdulillah, kegiatan pengibaran bendera bawah laut berjalan lancar, dan kita berharap kedepan, karang tongkat Tuan Tapa bisa menjadi icon dibidang diving," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar