Mobil Dum Truck Hantam Rumah Warga Aceh Barat

KBRN, Meulaboh: Sebuah mobil Dum Truck bermuatan penuh batubara menghantam rumah warga di jalan lintas Meulaboh-Geumpqng, Desa Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Sabtu  (13/8/2022) pagi.

Kejadian ini diperkirakan berlangsung sekitar pukul 05.00 WIB, mobil Dum Truck yang bermuatan penuh material batubara tersebut diduga hilang kendali hingga menabrak rumah bagian depan rumah warga hingga rusak.

"Kejadian pukul 5 pagi tadi, saya kaget juga mendengar suara seperti ledakan, pas saya keluar lihat ternyata mobil tabrak depan rumah itu," kata Ahmad, salah seorang warga sekitar kepada rri.co.id, di lokasi kejadian.

Aktivitas pengangkutan material batubara oleh Dum Truck di jalan lintas dari Kecamatan Kaway XVI menuju pelabuhan Meulaboh mulai aktif kembali, para sopir membawa muatan saat malam, mulai pukul 01.00 WIB sampai pagi hari, tidak peduli dampak kebisingan yang ditimbulkan.

Sebelumnya pihak Kepolisian dari Satlantas Aceh Barat pernah mengamankan dan mencegat aktivitas pengakuan batubara saat malam, namun saat ini kembali aktif setelah perusahaan produsen batubara itu kembali beraktivitas.

"Baru malam ini nampak lagi, dulu ada mobil bawa batubara saat malam, tapi kemudian berhenti, sekarang ada lagi," tegasnya lagi.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden laka tunggal tersebut, namun sejumlah rumah warga rusak, terutama bagian depan kontruksi kayu hancur porak poranda, sempat terjadi kemacetan saat jam sibuk.

Sekitar pukul 08.20 WIB aparat Kepolisian Aceh Barat tiba ke lokasi, Babinsa dari Kodim 0105/Aceh Barat pun ikut membantu. 

Mobil tersebut susah di evakuasi karena muatan penuh batubara, ban mobil terperosok dalam parit rumah warga dan tersangkut beton sehingga tidak bisa dievakuasi dengan mudah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar