Qanun Himne dan Mars Aceh Jaya Dibentuk, Pj Bupati Minta Diterapkan pada Lembaga Pendidikan

PJ Bupati Aceh Jaya

KBRN-Aceh Jaya: Lagu hymne dan mars Kabupaten Aceh Jaya menjadi sarana pemersatu dan identitas yang menjadi simbol otonomi serta kehormatan daerah. 

hymne dan mars merupakan manifestasi dari kesatuan dalam keragaman budaya dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju Kabupaten Aceh Jaya yang lebih baik, serta adanya partisipasi masyarakat dalam mendukung dan ikut serta dalam berbagai kegiatan budaya yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Hal itu dikatakan Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin saat memberikan sambutan pada rapat paripurna ke-XVIII DPRK Aceh Jaya, Rabu, 10 Agustus 2022.

Dr. Nurdin menuturkan, proses pembentukan himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya sudah dimulai sejak bulan November 2021 melalui kegiatan sayembara hymne dan mars Kabupaten Aceh Jaya, dan menghasilkan juara terbaik cipta lagu hymne yang dimenangkan oleh Siti Maisarah dan juara terbaik lagu mars Kabupaten Aceh Jaya dimenangkan oleh Syahrial dan kedua-duanya adalah putra putri Kabupaten Aceh Jaya. 

Pada tahun 2022, Pemkab Aceh Jaya telah mengalokasikan anggaran melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Aceh Jaya untuk kegiatan pembinaan pelaku kesenian masyarakat dalam daerah Kabupaten Aceh Jaya, dengan sub kegiatan peningkatan kapasitas tata kelola lembaga kesenian tindak lanjut tradisional sebagai agenda penyempurnaan himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya.

Ia menambahkan, lagu hymne dan mars Kabupaten Aceh Jaya telah didaftarkan pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kanwil Aceh dengan nomor permohonan ec00202237778 tanggal 20 Juni 2022 atas nama pencipta Siti Maisarah dengan judul ciptaan " tanoh meusyuhu" dan mars Kabupaten Aceh Jaya dengan nomor permohonan ec00202237779 tanggal 20 Juni 2022 atas nama pencipta Syahrial dengan judul ciptaan "Aceh Jaya pusaka raja".

"Alhamdulillah sebagai tindak lanjut atas permohonan tersebut, Kementerian Hukum dan Ham Republik Indonesia telah mengakui hak kekayaan intelektual lagu himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya melalui surat pencataan ciptaan masing-masing dengan nomor 000353389 dan nomor 000353390 " paparnya.

Pada kesempatan itu, Dr. Nurdin juga turut memberikan apresiasi kepada DPRK Aceh Jaya yang telah turut berpartisipasi dalam pembentukan qanun himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya, yang juga sebagai lembaga mempunyai fungsi legislasi telah menunjukkan komitmen dan sinergitas sebagai upaya memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat.

" Kami atas nama pemerintah Aceh Jaya berharap dukungan penuh dari DPRK Aceh Jaya dan pihak lainnya untuk secara bersama-sama memperjuangkan dan mewujudkan harapan dan cita-cita Aceh Jaya menjadi kabupaten yang mempunyai peradaban yang tinggi dengan mengutamakan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat diseluruh wilayah kabupaten Aceh Jaya," ucap Dr Nurdin menambahkan.

Selain itu, Pj Bupati juga mengajak pihak secara kolaborasi untuk bersama-sama melindungi, edukasi, memberi pengayoman, dan sosialisasi ciptaan lagu hymne dan mars Kabupaten Aceh Jaya kepada masyarakat diseluruh wilayah Aceh Jaya. 

SKPK terkait agar dapat menfasilitasi dan memastikan himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya diterapkan pada setiap lembaga pendidikan guna memberikan identitas dan motivasi bagi pelaku pendidikan dan peserta didik sebagai generasi emas Aceh Jaya.

" Kami sangat mengharapkan sumbangsih saran dan pendapat dalam penerapan himne dan mars Kabupaten Aceh Jaya agar dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik tingkat pelajar, mahasiswa, pemuda dan masyarakat umumnya," demikian tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar