Manisan Pala Kue Cantik Khas Aceh Selatan

KBRN, Meulaboh : Aceh Selatan terkenal dengan Kota Naga dengan cerita legenda yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Selain itu, Aceh Selatan juga terkenal dengan kota penghasil pala terbanyak di Provinsi Aceh. Maka tak heran jika di daerah ini memiliki wisata kuliner khas yaitu manisan pala.

Manisan pala merupakan kue khas dari daerah Aceh Selatan. Kue ini terbuat dari olahan Pala. Biasanya kue ini dijadikan oleh-oleh atau buah tangan dari Aceh Selatan.

Manisan pala diolah melalui beberapa tahapan, sebelum menjadi makanan yang lezat untuk di nikmati. Buah pala yang sudah di panen kemudian direndam dalam air garam selama tiga hari. Setelah itu kulit buah pala dikupas dan dicuci sampai bersih, gunanya untuk menghilangkan getah pada buah pala.

Daging buah pala yang sudah bersih selanjutnya akan dipotong-potong sesuai dengan selera. Namun potongan yang paling sering kita jumpai diiris tipis seperti jari telunjuk dan di ukir cantik seperti bunga yang sedang mekar. Kemudian daging buah pala yang sudah dipotong cantik itu di rebus menggunakan campuran air gula pasir selama tiga malam. Kemudian saat gula pasir larut dan mencair baru akan dijemur selama lima hari.

Jika sudah kering daging pala tersebut akan diberi taburan gula pasir dan disimpan kedalam wadah toples atau dikemas dan dijual. Dari beberapa tahapan pengolahan tersebut Manisan pala menjadi makanan yang lezat dan tahan lama.

Bagaimana apakah Anda sudah mencoba Manisan Pala khas Aceh Selatan ini?

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar