Ikut Semarakkan Camp Disdik Ceria, Gubernur : Ini Inovasi, Bisa Jadi Role Model

Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT, memberikan sambutan pada kegiatan Camp Dinas Pendidikan Aceh Ceria yang digelar di Pantai Riting 2 Lhoknga, Aceh Besar, Minggu (3/7/2022).

KBRN, Banda Aceh : Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT, ikut menyemarakkan kegiatan Camp Dinas Pendidikan Aceh Ceria yang dilaksanakan di Pantai Riting 2 Lhoknga, Aceh Besar sejak 3 Juli 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh ini melibatkan seluruh cabang dinas, kepala sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan pengawas yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) se – Aceh.

Gubernur Nova Iriansyah yang hadir didampingi Sekda Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes dan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Aceh, T. Aznal Zahri, Minggu (3/7/2022) disambut langsung Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM bersama Kacabdin dan kepala sekolah dan pengawas sekolah di lokasi kegiatan.

Gubernur Nova menyampaikan apresiasi dan selamat atas terlaksananya kegiatan Kamp Disdik Ceria tersebut, dia mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan kekeluargaan itu.

‘”Saya memberikan apresiasi dan penghargaan pada Kadisdik, Kacabdin, para kepala sekolah dan para pengawas. Selamat saya ucapkan atas pelaksanaan Camp Kadisdik Ceria,” kata Nova.

Menurutnya, kegiatan seperti merupakan inovasi dari seorang pimpinan dalam menggerakkan bawahan dan stafnya untuk menggapai kemajuan, karena jika ingin maju harus melakukan hal-hal yang tidak biasa, harus kreatif dan inovatif, sehingga tidak melulu ordinary melainkan harus dengan cara yang extra ordinary.

“Ini inovasi kalau kita mau maju. kita tidak boleh hanya ordinary, tapi harus ekstra ordinary. Dengan kegiatan seperti ini tentunya akan membuat kita kembali fresh dan keluar untuk sementara waktu dari rutinitas pekerjaan yang menumpuk,” tambah Nova.

Dalam kesempatan itu, Mantan Anggota DPR RI itu juga mengapresiasi kreativitas Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM yang telah menggagas kegiatan tersebut. Nova berharap kegiatan-kegiatan seperti ini mestinya menjadi role model dalam membangun kekompakan dan kemajuan instansi, meskipun tidak mesti harus selamanya camping.

“Terimakasih. Pak Kadis (Alhudri) kita ini memang sangat kreatif. Dengan kegiatan ini tentunya akan memperkuat ukhuwah dan silaturrahmi, saya pikir bisa menjadi role model walaupun semua tidak harus camping,” saran Nova.

Dalam kesempatan itu Nova juga megapresiasi Kadisdik Aceh yang memberikan reward kepada cabang dinas dan sekolah-sekolah di Aceh yang berhasil membuat anak-anak didiknya banyak diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) se Indonesia.

Menurut Nova, pemberian penghargaan tersebut memang sudah semestinya dilakukan oleh setiap pimpinan, tanpa harus diperintahkan oleh dirinya selaku Gubernur Aceh.

“Pemberian reward kepada kacab dan kepala sekolah ini memang tidak perlu saya sampaikan, ini bisa dilakukan sendiri. Dan tentu saya mengucapkan selamat kepada bapak/ibu yang mendapat penghargaan ini,” ujarnya lagi.

Di akhir penyampaiannya, Gubernur Nova Iriansyah mendoakan agar semua pihak yang hadir dalam kegiatan itu diberikan kemudahan oleh Allah dalam menggapai kesuksesan serta mengajak kepada semua pihak terus berkontribusi maksimal dalam membangun Aceh.

“Saya mendoakan kita semua sukses, Pak Sekda Sukses, Pak Kadis Sukses. Mudah-mudahan kita berkontribusi secara maksimal untuk negara dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah,” tutup Nova Iriansyah.

Sementara itu, Alhudri mengatakan bahwa kegiatan ini sengaja dilaksanakan untuk membangun kekompakan semua unsur pendidikan, baik itu dinas induk, kantor cabang, warga sekolah hingga pengawas.

“Dengan kegiatan seperti ini, kami ingin kekompakan dari hulu ke hilir, hilir ke hulu sehingga satu semuanya tidak ada lagi perbedaan kelompok dan golongan,” kata Alhudri.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh hampir 600 orang peserta itu, Alhudri melaporkan kepada Gubernur Nova Iriansyah dan Sekda Taqwallah tentang berbagai capaian yang telah diperoleh Dinas Pendidikan Aceh dalam tahun 2022 ini.

Laporan yang disampaikan itu diantaranya berupa, tingkat kelulusan siswa pada perguruan tinggi negeri jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, serta daerah dan sekolah yang siswanya paling banyak diterima di SNMPTN dan SBMPTN tahun 2022.

Alhudri juga mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan Sekda Taqwallah atas kebijakan, dukungan dan support yang sudah sangat membantu Dinas Pendidikan Aceh hingga ke sekolah melalui berbagai program, sehingga pendidikan Aceh dapat mampu bersaing dengan provinsi lain.

“Terimakasih Pak Gubernur, terimakasih Pak Sekda atas kebijakan, dukungan dan support selama ini. Kita juga mengetahui betapa sangat berdampak baik program BEREH yang berhasil kita terapkan di sekolah-sekolah,” kata Alhudri.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini disemarakkan dengan berbagai perlombaan, seperti lomba sepak bola ceria, lomba lari sarung dan berbagai lomba lainnya.

Kepada para peserta Kadisdik Alhudri menyampaikan terimakasih yang tak terhingga karena telah bersedia datang walau jauh-jauh dari daerah. Menurut Alhudri ini adalah wujud dari kekompakan Dinas Pendidikan Aceh.

“Kita datang dari berbagai latar belakang yang berbeda tentunya ada hal-hal yang cocok dan tidak untuk itu saya atas nama pimpinan memohon maaf kepada bapak ibu sekalian dan memohon ampun kepada Allah SWT,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial Aceh itu juga mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada pihak panitia pelaksana dalam hal ini Cabang Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh – Aceh Besar.

“Begitupun terimakasih kepada Pak Syarwan Joni selaku Kacabdin Banda Aceh – Aceh Besar atas terlaksananya kegiatan ini dengan sukses. Tentunya tidak lepas dari bantuan teman-teman lainnya,” tutup Alhudri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar