Cegah Banjir Rob Pemerintah Pusat Diminta Serius Terhadap Pembangunan Tanggul, Bupati Ramli : Saya Tidak Ingin Meninggalkan Warga Saya Dengan Kesusahan

KBRN, Aceh Barat: Bupati Aceh Barat minta keseriusan Pemerintah Pusat agar tidak setengah-setengah dalam membangun tanggul untuk mencegah banjir Rob diwilayah pesisir Aceh Barat.

“ Ini merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pusat dan saya meminta kepada Pemerintah Pusat kalau ingin membantu jangan setengah-setengah sayang warga yang berada dipinggir pantai wilayah Aceh Barat selalu terimbas bencana seperti ini setiap tahunnya.”Ucap Bupati aceh Barat H. Ramli MS kepada rri.co.id, Minggu (03/07/2022).

Bupati Ramli menilai, Pembangunan tanggul yang merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang memiliki panjang keseluruhan 1,6 kilometer, yang berlokasi dari pantai Suak Indrapuri Hingga Pasir, sampai saat ini belum mampu mengatasi permasalahan Banjir Rob di Aceh Barat.

“kalau tidak salah saya masih ada tanggul yang belum dibangun sekitar 500 meter lagi untuk tahun ini, kita minta keseriusan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar bisa merealisasikan pembangun ditahun ini. Terkait dengan jumlah anggran yang digunakan seluruhnya berasal dari APBN sebesar 13 Milyar ”tegasnya.

Dengan harapan kata Ramli, dengan tuntasnya pembangunan tanggul tahun ini, persoalan banjir rob yang terjadi setiap tahun di daerah tersebut dapat teratasi.

Selama ini setiap tahun masyarakat yang bermukim di sepanjang garis pantai di Meulaboh harus terdampak banjir rob saat terjadi pasang bulan purnama.

“Nanti kalau semua tanggul pemecah ombak tuntas dibangun tahun ini, warga kan menjadi nyaman untuk tinggal dirumahnya masing-masing, saya tidak ingin meninggalkan Rakyat saya dengan kesusahan. Dan selanjutnya pemerintah daerah nantinya akan melanjutkan penanganan pembangunan saluran air di sekitar tanggul melalui PUPR Aceh Barat” kata Bupati Ramli.

Ia menyatakan, saluran pembuang air (drainase) yang akan dibangun di sekitar tanggul tersebut, nantinya diharapkan dapat menampung gelombang air laut saat terjadi banjir rob, dan bisa dialirkan ke saluran air tanpa harus menggenangi permukiman masyarakat disekitar bibir pantai.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar