DPMPKB Aceh Jaya : Insyallah Kita Bisa Zero Stunting Dengan Dukungan Semua Stakeholder Di Aceh Jaya

KBRN Aceh Jaya : Upaya perbaikan mutu gizi perseorangan dan masyarakat yang ditempuh melalui perbaikan pola konsumsi makanan, sesuai dengan 13 pesan umum gizi seimbang (PUGS) dan perbaikan perilaku keluarga sadar gizi (Kadarzi) serta mendukung lima pilar strategi nasional. peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, sampai tingkat desa dan kelurahan dalam mencegah Aceh bebas dari Stunting.

“dukungan ini sangat diharapkan agar dapat memberikan pengertian bagi masyarakat untuk mencegah stunting gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak-anak dari gizi buruk, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai.”Ujar Dra. Salbiah, M.M kepada rri.co.id, Sabtu (02/07/2022).

Oleh karena itu, lanjut Salbiah, Kegiatan ini tidak akan terwujud bila tidak tercipta masyarakat yang sehat di desa itu sendiri. Salah satu indikator untuk menciptakan masyarakat yang sehat diwujudkan melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan.

Salbiah mengatakan, pihaknya juga akan mengembangkan beberapa aplikasi untuk mengetahui potensi-potensi stunting sejak dini.

"kita akan berbenah, sehingga Aceh Jaya bisa zero angka Stunting.”ujarnya.

"Saya bisa melihat berapa bayi yang lahir yang ukurannya di bawah standar dan alamatnya di mana. Ini yang kita ingin lakukan untuk mencegah supaya tidak telat mengetahui stunting. Jadi 1.000 hari kehidupan pertama sudah diketahui jika ada potensi stunting," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar