DPMPKB Aceh Jaya Lakukan Langkah Program Percepatan Penurunan Stunting

KBRN Meulaboh : Pemerintah Aceh Jaya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Aceh Jaya akan segera mengupdate data terkait dengan data Percepatan Penurunan Stunting didaerah tersebut.

“oleh karenanya kami mengajak kepada semua pihak secepatnya kita duduk dan rembuk bersama untuk percepatan penurunan angka Stunting di Aceh Jaya,”Ujar Dra. Salbiah, M.M ketika berdialog bersama rri.co.id, Jum’at (01/07/2022).

Sebagaimana Peraturan Presiden RI no.72 tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Perpres ini memberikan dasar hukum untuk melakukan penguatan kinerja yang substansi, intervensi serta pemantauan dan evaluasi yang diperlukan dalam berbagai upaya percepatan Penurunan Stunting.

Tambah Salbiah, Konvergensi berbagai program yang terkait dengan penurunan Stunting menjadi kata kunci untuk memastikan program-program intervensi tersebut yang dapat dilaksanakan dan dimanfaatkan secara optimal. sehingga nantinya akan memberikan kontribusi positif pada penurunan Stunting di Aceh Jaya.

“Koordinasi yang kuat bersama pemerintah daerah nantinya upaya Percepatan Penurunan Stunting dapat teratasi dan DPMPKB Aceh Jaya akan memonitor berbagai upaya manajemen stunting mulai dari penemuan kasus sampai penatalaksanaan perlu diinisiasi dengan melibatkan masyarakat secara aktif.  Kader kesehatan juga akan menjadi tokoh masyarakat kunci yang diharapkan mampu menurunkan angka stunting. Peningkatan pemahaman dan kapasitas kader kesehatan dalam manajemen stunting di masyarakat menjadi kebutuhan dan prioritas program di bidang kesehatan menuju zero stunting di Aceh Jaya.”imbuhnya.

Dengan harapan ujar Salbiah, program KB menjadi kunci penting dalam menurunkan stunting secara nasional. Karena itu, DPMPKB Aceh Jaya terus menggenjot program KB diseluruh daerah diwilayah Aceh Jaya. Dengan Kunci menurunkan stunting asalkan jumlah anak jangan terlalu banyak dan jaraknya jangan kurang dari 3 tahun. Kalau kurang dari 3 tahun, jaraknya cenderung stunting dan autis.

“Harapan kita dalam harganas ke 29 Tahun ini semua Stakeholder di Pemerintahan Aceh Jaya bisa berperan dalam mempercepat dalam penurunan angka stunting di Aceh Jaya.”harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar