Bupati Aceh Barat Minta Satgas Penanggulangan Konflik Antara Manusia dan Hewan Evaluasi Program, Ramli MS : Saya Akan Siapkan Anggaran Untuk Pencegahan Konflik Antar Manusia Dan Satwa Liar

KBRN, Aceh Barat: Bupati Aceh Barat meminta Tim Satgas Penanggulangan Konflik Antara Manusia dan Hewan agar melakukan pengevaluasian program kerja untuk meningkatkan efektifitas pengendalian  dan penanganan  konflik satwa liar di Aceh.

“Tim Satgas Penanggulangan Konflik Antara Manusia dan Hewan di Aceh perlu mengevaluasi program kerja agar evektif dalam penanganan musibah masyarakat, yang disebabkan oleh satwa liar.”Ungkap Bupati Aceh Barat H. Ramli MS ketika menghadiri Rapat Tim Satgas Penanggulangan Konflik Antara Manusia dan Hewan di Banda Aceh, Kamis (30/06/2022).

Ungkap Bupati Ramli, Tim Satgas Penanggulangan Konflik Antara Manusia dan Hewan Aceh Perlu menyusun strategi penanganan konflik satwa liar (roadmap) secara komprehensif sesuai dengan karakteristik wilayah penanganan konflik dan Kegiatan penanganan konflik satwa liar diselenggarakan harus melibatkan para pihak sesuai dengan kewenangannya di tingkat Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten serta Masyarakat.

“Musibah yg terkena masyarakat lebih berat dari penyakit corona karena bisa  memiskinkan masyarakat seperti sawit yang sudah berumur 3-4 tahun. Ketika diganggu oleh gajah memang tidak bisa dimanfaatkan sama sekali ini. Sangat disayangkan bisa merugikan masyarakat untuk tim satgas harus punya program khusus dan evektif agar ketika pemerintah mengangarkan angaran tidak sia-sia.”Imbuhnya.

Tambah Bupati Ramli, Penanganan konflik satwa liar harus dilaksanakan dengan mempertimbangkan strategi penanganan jangka pendek (darurat), jangka menengah (mitigasi dan pencegahan), dan jangka panjang berorientasi pada pemulihan ekonomi, sosial masyarakat yang terkena dampak serta kelangsungan dan kelestarian Satwa liar melalui pengembangan komoditi yang tidak disukai oleh satwa liar; Perlu disusun SOP terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi Satuan Tugas Penanggulangan Konflik Satwa Liar Dan Manusia Di Aceh;

“ini adalah termasuk program nasional juga kita harapkan kepada masyarakat jangan sekali-kali membuat bisnis atas satwa liar yang dilindungi.”tegasanya.

Tutup Bupati Ramli, Pihaknya pun akan siap terkait anggaran yang akan disiapkan untuk mengatasi Konflik Antara Manusia dan Satwa liar. “terkait anggaran, saya akan siap berapapun yang dibutuhkan, asalkan ada rekomendasi dari Tim Satgas Penanggulangan Konflik Antara Manusia dan Hewan Aceh.”tutup Bupati aceh Barat H. Ramli MS.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar