Gelar Pelatihan Kepemimpinan, Karang Taruna Apresiasi Program Pembinaan Dinsos Aceh

KBRN, Banda Aceh : Ketua Karang Taruna (KT) Aceh, Ismet, ST, MT mengapresiasi pola pembinaan dan pemberdayaan yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) Aceh selama ini, dalam rangka mempercepat pengembangan organisasi karang taruna di seluruh Kabupaten / Kota wilayah Aceh.

“Alhamdulillah komunikasi dengan Dinsos Aceh bukan hanya baik, malah sangat baik, kami sangat mengapresiasi itu, sehingga kami para pengurus Provinsi bisa efektif melakukan pendampingan pengurus di Kab/Kota, ” ungkapnya.

Rasa puasnya itu disampaikan Ismet, saat memberikan sambutan pada seremonial pembukan Kegiatan Managemen Kepemimpinan Menengah Karang Taruna Aceh Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Aceh di salah satu hotel Banda Aceh  Kamis (19/5/2022).

Ismet menyebutkan, hingga saat ini pembentukan dan penguatan organisasi secara struktur hampir rampung disemua wilayah, hanya tersisa 2 (dua) lagi Kota Sabang dan Kab. Aceh Barat, dan sudah dijadwalkan untuk pendampingan lanjutan.

“Selain konsolidasi sesama KT, Kami juga turun ke Kabupaten Kota untuk membantu membangun chemistry antara Karang Taruna Kabupaten dengan Dinsos dan Pimpinan daerah setempat. 

Ketika hubungan pengurus KT Kabupaten/ kota dengan Pemerintah setempat bagus, saya yakin organisasi ini akan berjalan membaik seperti apa yang kami alami di Provinsi bersama Dinsos Aceh," ujarnya.

Salah satunya, sebut Ismet pelatihan kepemimpinan hari ini, yang di gagas atas kerjasama Dinsos Aceh dengan KT Provinsi.

“Intinya kita sama-sama mendorong agar organisasi KT jadi lebih mandiri kedepan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Yusrizal melalui Kabid Pemberdayaan Sosial (Dayasos) Fachrial, S.Pt, M.Si dalam sambutannya menyebutkan, Pemerintah Aceh dalam hal ini Dinsos Aceh bertugas memberikan sosialisasi, pembinaan, pengawasan dan pemberdayaan terhadap organisasi Karang Taruna di daerah, hal ini sebagaimana termaktub dalam Permensos Nomor 25 Tahun 2019 pada pasal 42.

Sebab itu, Kata Fachrial, Dinsos Aceh melalui Bidang Dayasos berupaya menggelar kegiatan manajemen kepemimpinan ini dalam rangka melaksanakan sebagian dari tugas pembinaannya.

Fachrial berpesan, kepada para peserta yang merupakan pengurus Karang Taruna di Kabupaten/Kota supaya dapat mengikuti kegiatan manajemen kepemimpinan ini dengan maksimal, agar ilmunya bisa diaplikasikan didaerah masing-masing nantinya.

Kabid Dayasos itu juga menyebutkan, pascaPelatihan manajemen kepemimpinan menengah ini, pengurus KT Kab/Kota diharap mampu ; 1. Mengembangkan karang taruna wilayah masing-masing dan membantu kemandirian serta berkesinambungan, 2. Mampu mengakomodir kebutuhan anggota karang taruna, 3. Aktif membantu Pemerintah dalam mencegah dan mengatasi permasalah sosial di Desa/Kelutahan/Gampong.

Selanjutnya yang terakhir, ke-4. Dapat menampung aspirasi kreatifitas pemuda di Desa/Gampong, sebagai wadah kadersisasi pemimpinan masa depan.

“Misal, pengurus karang taruna menjadi tokoh pemuda, Kepala Desa atau bahkan pemimpin di tingkatan yang lebih tinggi, jadi harus mampu mengangkat visi misi kepemimpinan dari para pemuda untuk kepemimpinan di daerahnya masing-masing, ” imbuhnya.

Seperti diketahui, kegiatan Manajemen Kepemimpinan Menengah Karang Taruna ini berlangsung hingga 20 Mei 2022, dengan mengangkat tema “Kemampuan Manajemen Kepemimpinan Dan Penguatan Organisasi Menuju Kemandirian Karang Taruna”.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Dan Kelembagaan Sosial (PMKS), Malawani SE dalam laporannya.

Malawani juga merincikan, sebanyak 75 peserta yang hadir merupakan pengurus karang taruna di tingkat Desa, Kecamatan dan Provinsi.

Selama kegiatan peserta akan diberikan pembekalan materi seputar manajerial kepemimpinan, yang akan di isi oleh narasumber ahli di bidangnya.

Diantaranya, Komisi V DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky, Perbankan Aceh Syariah, Ziad Farmad, Praktisi Sosial, Dr. Nasrul Zaman, dan Ikhwanul Fitri. Serta dari kalangan internal, Kabid Dayasos, Fachrial, M.Si, Kasi PMKS, Malawani, SE, Ketua Karang Taruna Aceh, Ismet, Mt, Sekretaris KT, Khairul Bahri, S.Th.I dan Sudirman, pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar