Puskesmas Johan Pahlawan Kunjungi SMA 1 Meulaboh, Ada Apa?

KBRN, Aceh Barat: Puskesmas Johan Pahlawan membagikan 75 ribu tablet multivamin Penambah Darah pada Remaja Putri di Sekolah SMA 1 Meulaboh, Kamis (19/05/2022).

"tablet tambah darah adalah suplemen yang berisi zat besi dan asam folat yang berfungsi membantu membentuk hemoglobin darah. Maka itu, TTD menjadi salah satu suplemen yang paling sering digunakan apabila seseorang dinyatakan anemia." Ujar Kepala Puskesmas Johan Pahlawan Desi Resita Amg kepada rri.co.id Kamis (19/05/2022).

Kata Kapus Johan Pahlawan, Pelaksanaan pemberian TTD ini akan terus berlanjut keposyandu-posyandu dan sekolah sekolah Menengah Atas di Aceh Barat.

"Ini akan kita lakukan secara berkala serta tahapan sosialisasi pemberian tablet tambah darah kepada peserta didik putri. Petugas kesehatan berkoordinasi dengan guru yang bertugas sebagai Pembina UKS."imbuhnya.

Pemberian tablet tambah darah dilakukan setiap satu bulan sekali. Aturan minum bagi peserta didik adalah setiap satu minggu sekali. Momen pemberian tablet tambah darah disesuaikan dengan jadwal pertemuan dengan orang tua peserta didik.

Kata Kapus Johan Pahlawan yang akrab disapa Ibu Eci menambahkan, Prevalensi anemia yang tinggi pada remaja putri memerlukan program penanganan yang tepat sasaran dalam waktu cepat. Pencegahan dan penanganan anemia pada remaja putri melalui program pemberian tablet tambah darah perlu juga memperhatikan peningkatan asupan zat gizi. 

"Hal ini penting, karena anemia tidak semata menekankan pada satu faktor penyebab. Namun, ada beberapa hal yang juga turut andil sebagai penyebabnya. Oleh karena itu, diversifikasi pangan dan fortifikasi zat besi, suplementasi zat besi dan peningkatan sanitasi serta pelayanan kesehatan. Juga harus menjadi perhatian banyak pihak."tambahnya.

Hal ini dilakukan agar generasi remaja putri di Aceh Barat, tangguh dan kuat. Siap mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 

"Tentu saja, dengan prestasi yang ditorehkan secara gemilang."tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar