Bupati Simeulue Buka Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam Program TNI AL

KBRN, Simeulue: Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Simeulue gelar apel pasukan dalam rangka pelatihan penanggulangan bencana alam, pada Selasa 17/5/2022, di lapangan tribun pendopo, yang diikuti sekita 350 peserta.

Apel tersebut dibuka lansung Bupati Simeulue, Erli Hasim, ditandai dengan pemeriksaan pasukan dan penyematan pita kepada unsur yang terlibat dalam pelatihan penanggulangan bencana alam tersebut.

Bupati Simeulue kepada awak media mengatakan bahwa setiap saat selalu ada bencana alam yang terjadi di daerah, apalagi di daerah kepulauan seperti di kabupaten Simeulue. 

"Maka melalui teman - teman dari Angkatan Laut yang dipimpin Danlanal Simeulue menggagas adanya pelatihan untuk memberikan pemahaman ilmu kepada semua orang, terutama kepada peserta pelatihan agar bisa mendeteksi secara dini dan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana,"ujar Bupati Simeulue, Erli Hasim.

Bupati menyebutkan pelatihan itu sangat bermanfaat bagi Masyarakat Simeulue. Sehingga semua elemen Masyarakat akan punya cara melakukan evakuasi, dan menghindari dari bencana - bencana yang terjadi seketika.

Ia berharap semua pihak yang terlibat dalam pelatihan itu agar sungguh - sungguh, fokus dan sempurna mengikuti kegiatan tersebut. Dan diharapkan ilmu yang didapat dari kegiatan itu dapat disosialisasikan kepada seluruh Masyarakat  pulau Simeulue.

Sementara itu Danlalan Simeulue, Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto mengatakan bahwa kegiatan pelatihan itu merupakan wujud dan perhatian TNI Angkatan Laut, kepada warga pesisir khususnya warga Kabupaten Simeulue.

" Disini kita hadir untuk membantu mendidik dan membina warga pesisir khususnya. Seperti kita ketahui Simeulue merupakan daerah kepulauan tersendiri yang kondisinya selalu terjadi bencana. Disinilah kita hadir untuk peduli dan mengajak Masyarakat bersinergi menghadapi situasi di Simeulue,"pungkasnya.

Dalam amanat Kepala Dinas Potmar TNI AL Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, yang dibacakan Danlanal Simeulue, kegiatan bertujuan mengembangkan sikap sadar bencana, dalam prilaku sehari - hari Masyarakat yang diarahkan kepada kemampuan pembinaan ketahanan wilayah, serta menciptakan kondisi yang kondusif.

Disebutkan juga bahwa kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian atas musibah bencana alam yang pernah terjadi dan untuk mengantisipasi kejadian bencana alam lainnya, sekaligus mebangun kemanunggalan TNI bersama Masyarakat, dalam upaya membina kemampuan pertahanan dan ketertiban nasional

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar