Pesona Wisata Pulau Dua Aceh Selatan

KBRN, Tapaktuan : Dermaga Apung Pulau Dua, kawasan Gampong Ujung Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur merupakan salah satu destinasi wisata kreatif yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. Lokasi wisata itu layak dikunjungi saat liburan bagi para wisatawan Indonesia maupun mancanegara.

Pesona pantai yang eksotis dan sarana yang baik, menjadikan Pulau Dua tak kalah dari destinasi wisata populer di dunia. Bahkan, Pulau Dua ini memiliki keunikan sendiri seperti pesona laut, pantai, pemandangan alam serta panorama dan spot foto yang dapat memanjakan para pengunjung.

Destinasi wisata tersebut terbilang tidak jauh dari pusat Ibukota Kabupaten Aceh Selatan. Dengan menempuh perjalanan 1,5 jam dari Tapaktuan, pengunjung telah dapat menikmati pesona alam Aceh Selatan ini.

Setiba di Gampong Ujung Pulo Rayeuk, Kecamatan Bakongan Timur, pengunjung terlebih dahulu menaiki perahu nelayan yang berada di bibir pantai, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Dua sekitar 15 menit perjalanan.

Di balik pesona alam yang indah dan nyaman untuk di kunjungi, Pulau Dua juga tersirat satu legenda dan sekaligus menjadi kisah cerita rakyat daerah setempat.

Dahulunya Pulau Dua tersebut menyatu seperti pulau lainnya, namun kemudian terpisah menjadi dua karena adanya pertengkaran antara Tuan Tapa dan dua ekor naga.

Ketika seekor naga yang lari dari kejaran Tuan Tapa, naga tersebut menabrak sebuah pulau, sehingga pulau yang tadinya satu terbelah menjadi dua. Satu pulau dinamai Pulau Kaye yaitu pulau yang dijadikan destinasi wisata saat ini, dan satu pulau lagi dinamai pulau Tengku.

Pada tahun anggaran 2021 Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan membangun di bibir pantai Pulau Dua destinasi Wisata Kreatif Dermaga Apung untuk mendukung daya tarik berkunjung ke daerah tersebut. Alhasil, salah satu dermaga apung berbentuk harus “T” itu terbukti sangat diminati oleh para wisatawan hingga saat ini.

Sejak selesai dibangun pada November 2021, dermaga apung Pulau Dua dikunjungi ratusan wisatawan setiap minggunya. Bahkan para pengunjung harus berdesakan untuk mendapatkan kepuasan dari keindahan dermaga dan alam Pulau Dua.

Bahkan, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Aceh Selatan bila tidak menikmati wajah Dermaga Apung Pulau Dua yang sangat indah, disuguhkan hamparan laut biru Samudera Hindia serta sejuknya hembusan anggin laut di dermaga.

Di sekitar Dermaga Apung Pulau Dua memiliki pasir putih dan keindahan bawah laut yang memanjakan mata. Selain itu, suasana pantai dan hamparan warna laut yang biru menjadikan wisata ini sebagai tempat favorit yang banyak dikunjungi Wisata dari dalam dan luar daerah. Sementara di tengah pulau juga terdapat hutan kecil yang begitu alami, ditumbuhi sejumlah pohon mangrove, kelapa, dan ketapang.

Uniknya, para wisatawan juga dapat bermalam di Pulau Dua untuk menikmati destinasi alam di malam hari. Selain lokasi yang aman kunjungi, dermaga apung Pulau Dua juga memiliki arus ombak yang tidak deras sehingga tidak membahayakan pengunjung.

Bahkan di sebagian bibir pantai Pulau Dua juga sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai snorkeling maupun driving, karena memiliki pesona laut yang indah untuk dinikmati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar