Walikota Affan Alfian Panen Perdana Jagung Kerukunan

KBRN, Subulussalam : Kelompok Tani Kerukunan melakukan panen jagung perdana yang merupakan program ekonomi kerukunan Kampong Jontor Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam. Sabtu (14/5)

Selain panen jagung, pada kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi Desa Sadar Kerukunan yang disampaikan Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E.

Turut hadir dalam kegiatan Panen Perdana, Dandim 0118 Subulussalam Letkol Inf Winas Kurniawan, Ka. KanKemenag Kota Subulussalam, H. Juniazi, S.Ag., M.Pd. Ketua dan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Camat Penanggalan, Keuchik Jontor, Keuchik Sikelang, sejumlah pejabat sipil dan TNI, Kelompok Tani Kerukunan, Serta masyarakat setempat.

Pemerintah, melalui Kementerian Agama telah melakukan penilaian beberapa desa di Provinsi Aceh untuk ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan. Kampong Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Provinsi Aceh, setelah dilakukan penilaian, akhirnya ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan.

Dengan pertimbangan, Desa Jontor memenuhi empat kriteria penilaian. pertama, ada lebih dari tiga agama yang dianut masyarakat dalam desa tersebut. Kedua, ada tempat ibadah yang berdampingan, namun tetap hidup damai dan rukun satu sama lain. Ketiga, sosial masyarakat yang heterogen, baik itu agama, etnis, budaya dan adat istiadat, dan keempat punya ciri khas tersendiri, sebagai desa yang multikultural.

Panen Perdana tersebut dilakukan setelah enam bulan sejak Tanam Perdana Jagung oleh Walikota dan Forkopimda bersama Kelompok Tani Kerukunan, yang dibentuk dalam rangka pengembangan Desa Sadar Kerukunan di desa Jontor.

Jagung tersebut dikelola oleh Kelompok Tani Kerukunan di atas lahan lebih kurang satu hektar yang difasilitasi FKUB Subulussalam.

Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E menyampaikan rasa syukur atas suksesnya Program Desa Sadar Kerukunan melalui kegiatan Kelompok Tani Kerukunan.

“Hari ini, tepat pada hari Sabtu (14/5) walikota beserta Dandim, ka.Kankemenag, dan seluruh pihak terkait dapat bersama-sama mengikuti kegiatan Panen Perdana ini. Kita harap dengan adanya program ini, masyarakat dapat terus kompak meskipun berbeda-beda tapi harus saling bersatu”

H. Juniazi, S.Ag., M.Pd. selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam menyampaikan bahwa, Desa Sadar Kerukunan merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama, yang diluncurkan sejak tahun 2017 lalu. Desa Jontor merupakan salah satu dari tiga Desa di Provinsi Aceh Tahun 2021 yang ditunjuk sebagai Desa Sadar Kerukunan.

“Kegiatan Panen Perdana Jagung ini merupakan kegiatan pertama secara nasional. Sehingga perlu kita beri apresiasi kepada FKUB Subulussalam atas program-program yang sudah berjalan” ujarnya.

Melalui program Desa Sadar Kerukunan ini, diharapkan dapat mendorong seluruh perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, perempuan, pemuda, dan remaja untuk dapat menjaga dan merawat kerukunan yang telah terjalin dengan baik dilingkungannya.

Ka. Kankemenag juga berharap agar FKUB Subulussalam dapat berinovasi dan melakukan program-program dan kegiatan baru lainnya guna menyukseskan program keunggulan Kementerian Agama tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar