DPRK Aceh Barat Akan Lahirkan qanun gampong, Pemilihan Keuchik Secara Serentak

KBRN, Meulaboh : Mengawali tahun 2022, Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat menggelar pembukaan rapat Paripurna I masa sidang ke I DPRK Aceh Barat dalam rangka penetapan Program Legislasi (Proleg) Kabupaten Aceh Barat tahun 2022 yang di gelar di ruang sidang utama DPRK setempat pada selasa (18/01/2022).

Rapat paripurna pertama di tahun 2022 tersebut di pimpin langsung oleh Ketua DPRK Aceh Barat Samsi Barmi, dan juga di hadiri oleh Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS bersama unsur Forkopimda lainnnya

Ramli MS menuturkan "Untuk mendukung pembangunan dan pelaksanaan pemerintahan daerah, sudah menjadi kewajiban kita bersama melahirkan qanun-qanun baru sesuai dengan kondisi yang terjadi saat ini" 

Hal tersebut bertujuan untuk mengatasi setiap tantangan dan permasalahan dalam pelaksanaan roda pemerintahan daerah kedepan, sekaligus mendukung peningkatan pelayanan publik yang lebih optimal kepada masyarakat ujarnya.

Ia berharap dengan adanya program legislasi prioritas Kabupaten, maka penyusunan pembahasan rancangan qanun dapat berjalan sesuai dengan ketentuan dan selaras dengan kebutuhan daerah harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ramli MS memaparkan lima rancangan qanun yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan satu rancangan qanun atas inisiatif DPRK Aceh Barat sebagai draft rancangan qanun pada proleg Aceh Barat tahun 2022 ini.

Adapun rancangan qanun yang terangkum dalam prolek Aceh Barat tahun 2022, antara lain qanun gampong, pemilihan keuchik secara serentak, perubahan keempat atas qanun Kabupaten Aceh barat nomor 3 tahun 2014 tentang retribusi jasa usaha, pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Aceh Barat, penyelenggaraan penanaman modal Kabupaten Aceh Barat, serta qanun kepemudaan yang merupakan inisiatif dari DPRK Aceh Barat paparnya.

Ia berharap enam rancangan qanun ini bisa mendapat tanggapan positif dari DPRK Aceh Barat untuk ditetapkan menjadi qanun Kabupaten Aceh Barat. 

"Semoga dengan adanya kerjasama dan sinergitas yang baik, kita dapat melahirkan qanun-qanun daerah yang menunjang pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Aceh Barat ini" pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar