Idap Tumor, Riski Anak Penjual Tempe Keliling Asal Simeulue Butuh Uluran Tangan

KBRN, Simeulue: Riski Ardiansyah (15) warga Desa Air Dingin, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue mengidap tumor pada lutut kaki kirinya. Kian hari, bagian lututnya itu semakin membesar.

Akibat penyakit yang dideritanya, Riski harus berhenti Sekolah dari MTsN 2 Simeulue Timur, dan kini hanya bisa berbaring lemah di tempat tidur.

Rini Supratiwi (33) Ibu kandung Riski menceritakan, penyebab kaki Riski bengkak awalnya karena terjatuh dan terbentur batu karang pada saat memancing bersama teman - temannya sekitar lima bulan lalu.

 "Awalnya kami kira hanya sakit biasa, kami bawa kusuk ke tukang kusuk. Tapi tidak ada perubahan mala dikeluhkan semakin sakit dan lutunya semakin bengkak,"ujarnya kepada RRI pada Selasa 7/12/2021 melalui sambungan telepon.

Lalu kata Rini, karena kaki putranya itu tampak semakin parah ia dan suaminya Yudison (37) yang berprofesi sebagai penjual tempe keliling di Simeulue, berinisiatif membawa anaknya berangkat ke Meulaboh, Aceh Barat. Dengan tujuan agar bisa lebih dekat bila berobat ke Banda Aceh, dan supaya keluarga dari suaminya dapat membantu.

Di sana, Riski dibawa ke Rumah Sakit Ujong Fatihah untuk dicek penyakit apa yang dideritanya.

" Kata dokter yang menanganinya, Riski mengidap penyakit tumor ganas, dan dianjurkan untuk diamputasi,"kata Rini, lirih.

Lantaran tak ingin kaki anaknya diamputasi, dokter hanya bisa memberikan obat, untuk sekedar mengurangi rasa sakit. Riski juga sempat dibawa orangtuanya berobat ke RSUZA Banda Aceh, namun karena alat medis di sana rusak, petugas medis menyuruh mereka kembali saat alat tersebut sudah diperbaiki.

Akhirnya, Rini dan suaminya berinisiatif untuk sementara tetap tinggal di Meulaboh. Selama di Meulaboh, sang suami bekerja sebagai buruh di salah satu perusahaan kebun sawit dengan upah pas pasan. Untuk mencari biaya hidup dan pengobatan anaknya selama di sana.

Kini, tak banyak yang bisa dilakukan Rini dan suaminya. Hanya berharap semoga buah hati mereka itu sembuh seperti sedia kala agar bisa melanjutkan sekolah, dan berharap ada uluran tangan untuk meringankan beban mereka selama di sana.

Bagi dermawan yang bersedia membantu pengobatan Riski, bisa mengirimkan donasi ke nomor rekening Bank Aceh 02002200030283 atas nama Rini Supratiwi (Ibu Riski).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar