"Kupi Khop" Meulaboh Juara 3 Minuman Tradisional Indonesia

Foto ist.jpg

KBRN, Meulaboh: Kupi khop (Kopi disajikan gelas terbalik) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat meraih juara 3 Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021 dalam kategori minuman tradisional yang di selenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 

Penghargaan diterima oleh Bupati Aceh Barat H Ramlis MS pada malam puncak API 2021 di Stable Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada Selasa (30-11-2021) malam. 

"Penghargaan ini kami persembahkan untuk seluruh masyarakat Aceh Barat. Ini membuktikan kita mampu untuk bersaing dengan daerah lain khususnya di sektor wisata kuliner, " katanya dalam siaran pers Diskominfo  Aceh Barat yang dikutip rri.co.id.

Pada ajang API tahun 2021ini, Kabupaten Aceh Barat mempersembahkan Khopi khop sebagai andalan minuman tradisional daerah yang di perlombakan pada ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.

Bupati Aceh Barat, H. Ramli MS, saat menghadiri acara tersebut, mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung hingga Kopi khop khas Aceh Barat berhasil menyabet juara 3 pada ajang tingkat nasional ini. 

Ia mengatakan pihaknya bangga atas prestasi yang di raih Kabupaten Aceh Barat tersebut. Menurutnya, hal ini dapat mendorong kuliner khas Aceh Barat lebih di kenal oleh masyarakat luas mulai dari tingkat nasional hingga Internasional. 

"Ini bisa menjadi promosi bagi daerah bahwa Kabupaten Aceh Barat kaya akan destinasi wisata, baik kuliner, kerajinan tangan, maupun wisata alam lainnya," ucap Ramli MS.

Untuk itu, ia meminta kepada Dinas Pariwisata Aceh Barat beserta seluruh elemen masyarakat agar terus mempromosikan potensi wisata islami di Bumi Teuku Umar ini melalui berbagai media, baik media konvensional maupun media sosial sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Aceh Barat pintanya.

Dengan adanya promosi yang masif, kata dia, diharapkan Kabupaten Aceh Barat bisa menjadi destinasi wisata islami bagi wisatawan lokal hingga mancanegara sehingga roda perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat di tingkatkan. 

Disamping itu, Ramli MS juga mengatakan bahwa pihaknya sedang berupaya untuk mendapatkan hak paten Kopi Khop Aceh Barat dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, sehingga minuman tradisional khas Aceh Barat tersebut bisa menjadi andalan dalam mempromosikan wisata di daerah ujarnya

"Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi kami untuk membenahi dan meningkatkan potensi pariwisata di Aceh Barat kedepannya, sehingga pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2022 mendatang, Kabupaten Aceh Barat bisa meraih penghargaan lebih banyak lagi di kategori lainnya," pungkas Ramli MS.

Adapun juara pertama dalam kategori minuman tradisional API tahun 2021 ini diraih oleh Kabupaten Meranti, Provinsi Riau melalui minuman Liberika Meranti. Sedangkan juara kedua diraih Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah dengan minuman khasnya yaitu Jamu Coro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar