Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Mulai Mendekati Rumah Warga

Dok Pusdalop BPBD Aceh Barat.jpg

KBRN, Meulaboh: Kebakaran lahan gambut di wilayah administrasi Gampong Peunaga Cut, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, pada Selasa (19/10/2021) sore, nyaris membakar rumah warga, beruntung tim pemadam kebakaran bergegas ke lokasi kejadian. 

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat Dr Mukhtaruddin, menyampaikan, sumber api diduga berasal dari lokasi kebakaran lahan sebelumnya yang belum padam total. 

"Api sudah mendekati rumah warga sekitar 6 meter, barang dalam rumah sudah mulai dikeluarkan oleh warga yang sudah dekat dengan api dan  langsung  melaporkan ke posko induk damkar melalui Babinsa Meureubo untuk minta bantuan pemadaman," katanya. 

Dalam laporan Pusdalops BPBD Aceh Barat dijelaskan bahwa, luas lahan yang terbakar sekitar 500 meter, area tersebut dipenuhi semak ilalang kering dan juga tumbuh tanaman kelapa sawit yang masih muda dan ikut terbakar bersama ilalang kering. 

Masyarakat yang awalnya berada dekat kejadian melihat api dan asap sangat besar dan tebal dan disertai  angin  kencang. 

"Penyebab diperkirakan api muncul di samping lahan yang terbakar beberapa hari ke belakangan," imbuhnya lagi. 

Dr.H.muhktaruddin.S.Sos,M.si memerintahkan Azwar, Kabid Kedaruratan dan Logistik bersama tim meninjau lokasi kejadian dan melakukan tindakan dengan mengerahkan 1 unit Armada patroli damkar pos induk BPBD Aceh Barat. 

Kemudian 1 unit mesin Kohler  dan beberapa selang, serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait, melakukan assessment/kaji cepat di lokasi, termasuk pendataan, dokumentasi dan pelaporan. 

"Saat ini pemadaman udah di hentikan mengingat api sudah agak mulai padam dan api pun menjauh dari perumahan warga. Besok akan dilanjutkan pemadaman kembali mengingat waktu mulai malam azan meugrib juga sudah terdengar petugas damkar kembali ke posko induk.  Api sudah mulai padam 60 persen," demikian Pusdalops BPBD Aceh Barat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00