Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Semakin Menyebar

Karhutla di Aceh Barat/ dok BPBD .jpg

KBRN, Meulaboh: Peristiwa kebakaran lahan gambut masih terus berlangsung di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh akibat dipicu cuaca terik selama beberapa hari terakhir. 

Kebakaran pertama melanda kawasan perkebunan sawit warga di wilayah Desa Peunaga Cut Ujong dan Desa Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meureubo pada Minggu 10 Oktober 2021 malam. 

Kemudian titik api kebakaran lahan gambut juga ditemukan berlanjut di kawasan Desa Suak Raya dan Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, hingga Rabu (13/11/2021) siang masih terjadi di wilayah setempat. 

"Hari ini tim masih melakukan  upaya pemadaman di lokasi yang masih terdapat api. Kendalanya sumber air jauh dari lokasi sehingga harus bawa mesin," kata Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, Dr Mukhtaruddin, dalam laporan Pusdalops yang diterima rri.co.id.

Tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat dibantu TNI, Polri masih terus berupaya memadamkan api di lahan gambut yang terbakar seperti di 

Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang terjadi saat ini kategorinya memang begitu belum luas, secara akumulatif api masih membakar sekitar 1-2 hektar lahan gambut yang terdapat ilalang kering. 

Namun suhu udara dan cuaca terik ditambang angin sangat berpeluang memperluas persebaran titik api jika tidak ada dicegah atau dilakukan  upaya pemadaman secara permanen dengan melakukan penyuntikan air di bawah permukaan rawa gambut. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00