Lestarikan Budaya Kearifan Lokal Simeulue Gelar Lomba Geulayang Tunang, Hadiah Utam Satu Ekor Kerbau

Bupati Simeulue Erli Hasim uji coba menerbangkan sebuah Layang - layang usai membuka secara resmi perlombaan Geulayang Tunang (Foto: Jenedi Rahman/RRI)

KBRN, Simeulue: Kecamatan Simeulue Tengah menggelar perlombaan Geulayang Tunang dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Simeulue yang ke- 22 tahun. Perlombaan ini dikuitu sekitar 250 peserta dari dua Kecamatan, yakni Kecamatan Simeulue Tengah dan Simeulue Cut.

Camat Simeulue Tengah Indra Gunawan Manaf mengatakan, selain untuk memeriahkan HUT Kabupaten Simeulue, perlombaan itu digelar untuk membangkitkan dan melestarikan kembali kearifan budaya lokal Geulayang Tunang yang sudah diwariskan nenek moyang Masyarakat di Kabupaten tersebut sejak dahulu.

"Kita berharap kearifan lokal Geulayang Tunang ini bisa dimasukan dalam agenda tahunan Dispora dan Pariwisata. Dan juga semoga pada PON Aceh mendatang bisa diikutsertakan," Ujar Camat Simeulue Tengah, Indra Gunawan Manaf kepada RRI pada Minggu 10/10/2021.

Indra memaparkan, hadiah yang sudah disediakan panitia berupa kerbau, kambing, piala tetap dan sejumlah hadiah hiburan lainnya. Untuk hadiah utama dikatakannya yakni satu ekor kerbau dengan kisaran harga Rp 12 juta.

Untuk juara dua 2 ekor kambing, sedangkan juara tiga 1 ekor kambing. Masing - masing pemenang juga mendapatkan tropi piala juara tetap. Geulayang Tunang ini terbagi 4 pool dan direncanakan akan dilaksanakan selama satu bulan lebih, disesuaikan kondisi cuaca dan jumlah peserta.

" Bisa jadi lebih satu bulan pelaksanaannya, sebab dari Kecamatan lain ada juga yang mau ikut. Tapi tergantung keputusan dari panitia dan komintas dan kalau ada ijin dari Bupati," Terang Indra Gunawan Manaf kepada RRI.

Pantauan RRI, Perlombaan Geulayang Tunang yang merupakan kearifan lokal Masyarakat ini dibuka lansung Bupati Simeulue Erli Hasim. Pembukaan ditandai pelepasan balon udara oleh Bupati di Desa Kuta Baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00