Kuah Pliek U Masakan Aceh Aneka Sayur

KBRN, Meulaboh : Kuah pliek U adalah kuliner khas aceh, pada awal nya kuah pliek U adalah makanan raja-raja aceh sejak abad ke 16. Namun saat ini makanan ini sudah menjadi makanan  sehari – hari bagi masyarakat  aceh hingga tak heran jika masakan ini sering disajikan di acara – acara tertentu seperti  peusijuk tujuh bulanan orang hamil,dan ada juga memasak kuah pliek U ini untuk acara berlibur seperti ke pantai  dan acara – acara lainnya. Masakan ini pun mudah di temui di aceh karena rumah makan aceh sering menyajikan masakan ini,apalagi di sebagian rumah makan sering menyajikan masakan kuah pliek U ini pada hari Jumat dan Minggu.

Bagi masyarakat aceh makanan ini sudah menjadi makanan terfavorit dan masakan ini bisa dikatan sebagai makanan perikat tali  persaudaraan karena saat makan ini disajikan bersama keluarga atau rame – rame.  Apalagi saat ada diperantauan  masakan ini sangat di rindukan akan tetapi masakan ini sangat susah didapatkan di luar aceh sebab masakan ini ciri khas dari aceh. Maka bagi masyarakat luar aceh masakan ini cukup aneh dari segi pengolahannya yang menggunakan bermacam buah dan bahan  di campurkan kedalam masakan ini. Memang dilihat dari segi tampilan nya tidak begitu menarik tapi dari segi rasa masakan ini sangat tidak diragukan memang cukup enak karena rasanya yang asam,pedas hingga manis dan rasa dari pliek U itu sendiri yang membuat masakan ini cukup unik.

Hal yang membedakan Kuah pliek U ini  dengan masakan lain adalah karena ada penambahan Pliek U didalam bumbunya hingga membuat masakan ini unik dan mempunyai rasa dan ciri khas tersendiri. Tak hanya itu saja dalam kuah pliek U ini juga terdapat bermacam – macam buah dan sayuran yang memiliki gizi dan vitamin jika dikonsumsi.

Pliek U sering juga disebut patarana yang berarti fermentasi ampas kelapa yang sudah di jemur dan diperas minyaknya.  Sayuran dan buah yang terdapat dalam kuah pliek U ini terdiri dari buah nangka muda, papaya muda, labu jipang,terong ungu, labu jipang, kacang panjang, kacang tanah,buah melinjo,rebung dan bahkan ada yang menambahkan sayuran daun ubi,daun melinjo,daun papaya. Serta ditambahkan daun jeruk dan sereh  untuk membahkan  cita rasa dan wangi yang khas untuk kuah pliek U itu sendiri.

Kemudian untuk bumbu halus nya terdiri dari bawang merah, bawang putih,ketumbar, cabe kecil, cabe merah, kunyit, asam belimbing dan bumbu rempah lainnya. Setelah itu di giling halus beserta dengan pliek U, dan untuk buah nya di potong kecil agar mudah untuk di masak, kemudian buah yang bertekstur keras seperti nangka,kacang panjang dan buah melinjo di rebus terlebih hingga empuk. Jangan lupa siapkan santan kelapa untuk di tambahkan sebagai kuah pliek U.

Saat proses pengolahannya semua bahan dicampurkan di masukkan kedalam wajan dan di aduk hingga merata kemudian tembahkan santan kelapa beserta daun jeruk dan sereh. Berbeda dengan masakan lain cita rasa kuah pliek U ini juga tergantung cara memasak nya, apabila saat mendidih harus di aduk kembali agar rasa dari santan nya tidak berubah karena rasa masakan ini tergantung dari cara memasaknya.

Biasanya masyarkat aceh  menikmati kuah pliek U ini dengan dimakan bersama nasi putih dan ikan asin, bisa juga dengan teri dan ikan lainnya. Lebih nikmat lagi apabila dinikmati bersama keluarga di tempat yang memiliki pemandangan yang indah. 

[(Nurfadilah]

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00