Pentingnya Penata Usahaan Dokument Kearsipan

Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan Rabu 05/08/2021

KBRN, Meulaboh : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Barat bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat mengadakan kegiatan Pembinaan Kearsipan Unit Kerja Sebagai Upaya Penyelamatan Arsip. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Distan TPH Rabu, 904/08/2021)

"Pembinaan arsip bertujuan agar pengelola arsip OPD memiliki pengetahuan kearsipan, sehingga arsip yang tercipta dapat dikelola dengan baik, disusun sesuai dengan jadwal retensi arsip dan diserahkan kepada Lembaga Kearsipan Daerah untuk arsip – arsip statis" ujar Plt. Kepala Dinas Pertanian TPH Aceh Barat, Naswir,SP.

Sementara itu Kasi Pengolahan dan Akuisisi Pengarsipan Eka Sari, SSTP, MSi menyampaikan bagaimana penataan arsip dinamis aktif di unit pengolah, dimana arsip di catat pada buku agenda/kartu kendali dan kemudian dibuat daftar arsip dinamis. Untuk penyimpanan arsip aktif di simpan pada map gantung diberi caption dan disimpan pada filing cabinet berdasarakan urutan kode klasifikasi dan masalah.

Dengan penataan yang baik pada arsip akan mudah pada saat  dibutuhkan, dapat ditemukan dengan cepat dan tepat apabila diperlukan. Penataan arsip juga diperlukan untuk arsip yang aktif yang disimpan di record center agar arsip bisa terjaga dan terawat dengan baik. Pembinaan kearsipan diakhiri dengan  kunjungan ke lokasi atau unit pengolah dan unit kearsipan.

"Kami ucapkan ribuan terimakasih kepada pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah banyak memberikan ilmu baru seputar kearsipan, semoga menjadi masukan yang dapat memperbaiki kearsipan di instansi kami" sebut Plt. Kepala Dinas Pertanian TPH Aceh Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00