Pemkab Aceh Jaya Gelontorkan Dana Bea Siswa 1,2 Milyar di Tahun 2021

KBRN, Aceh Jaya:  Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan menyalurkan beasiswa untuk mahasiswa miskin, berprestasi serta bagi yang sedang menyelesaikan tugas akhir dengan total anggaran Rp1,2 miliar ada tahun 2021.

“Beasiswa ini akan diberikan kepada seluruh mahasiswa/i yang masuk kategori tidak mampu (miskin), berprestasi dan bantuan tugas akhir kuliah yang melaksanakan pendidikanya baik di dalam dan di luar Aceh Jaya termasuk luar negeri,” kata Juru bicara Pemkab Aceh Jaya, Fadjri Rabu (04/08/2021).

Ia menjelaskan pemerintah kabupaten Aceh Jaya telah membuka pendaftaran beasiswa dan bagi mahasiswa Aceh Jaya yang berada di Banda Aceh dapat mengumpulkan berkas permohonannya melalui paguyuban mahasiswa masing-masing kecamatan, demikian juga mahasiswa Aceh Jaya yang berada di Meulaboh dapat mengumpulkan melalui Ipelmaja Meulaboh. 

“Bagi mahasiswa yang berada di luar Provinsi Aceh dapat mengirimkan berkas dalam bentuk Pdf melalui email Ipelmajaaceh@gmail.com,” kata Fadjri.

Fadjri mengatakan Pemerintah Aceh Jaya nantinya akan membentuk tim verifikasi yang bertugas melakukan pencocokan dan verifikasi atas dokumen persyaratan yang diajukan, dan Pemerintah Aceh Jaya akan mengumumkan dan melakukan uji publik atas hasil verifikasi sebagaimana dimaksud.

“Apabila terdapat keberatan atas pengumuman hasil tim verifikasi, maka dipersilahkan  kepada para mahasiswa untuk melakukan sanggahan pada waktu yang telah ditentukan kepada tim pelaksana dan tim verifikasi pada bagian keistimewaan dan kesra setdakab Aceh Jaya,” katanya.

Ia mengatakan jika sanggahan di luar waktu yang telah ditentukan, maka sanggahan tersebut tidak dapat ditindak lanjuti. 

Menurut dia jika terdapat pendaftaran di luar dari kuota yg disediakan maka akan dilakukan seleksi prioritas.

Program Beasiswa miskin dan prestasi merupakan salah satu program dalam Visi dan misi bupati dan wakil bupati Aceh Jaya yang tertuang dalam misi Gerbang Pembangunan Pendidikan Rakyat yang Kompetitif atau disebut dengan Gerbang Perak. 

Ia menyebutkan sejak tahun 2018 sampai dengan 2020 Pemerintah Aceh Jaya telah menyalurkan rata-rata 707 mahasiswa per tahun dengan total anggaran mencapai Rp1.800.000.000.

“Pemkab Aceh Jaya berkomitmen untuk tetap melaksanakan seluruh program-program Pro Rakyat sebagaimana telah menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00