Teror Lalat Kembali Terjadi di Aceh Barat

Foto Dok lalat di Kecamatan Arongan Lambalek/RRI.jpg

KBRN, Meulaboh: Serangan lalat dengan jumlah banyak kembali mengusik kenyamanan dan masyarakat dibeberapa desa dalam wilayah Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Tokoh masyarakat Desa Pribu, Arongan Lambalek, Amiruddin, menyampaikan, kondisi saat ini masyarakat sulit mengamankan makanan dan minuman, lalat terus berdatangan menghinggapi setiap sudut rumah penduduk.

"Serangan lalat ini pagi, siang bahkan sampai malam banyak lalat masuk ke rumah dan kami takut bisa berbahaya karena lalat pembawa penyakit untuk anak-anak kami," katanya kepada rri.co.id, Selasa (3/8/2021).

Kasus serupa juga pernah terjadi beberapa waktu lalu, masyarakat setempat menduga ada faktor yang menyebabkan, semisal ada usaha peternakan ayam yang masih berada dalam wilayah administratif Kecamatan Arongan Lambalek.

Baca juga: Lalat Meneror Aceh Barat, Warga Terpaksa Pakai Kelambu Siang Hari

Namun demikian, hal yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah kepastian secara medis sehingga kondisi tersebut tidak membuat masyarakat takut akan dampak penyakit seperti diare dan segala yang berkaitan dibawa oleh lalat.

"Kita harap pihak Dinkes atau pun dari Puskesmas bisa turun melihat kondisi ini sehingga bisa disimpulkan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat atau ada tindakan pengusiran lalat tersebut," imbuhnya lagi.

Warga saat ini apabila siang hari saat beristirahat juga harus masuk dalam kelambu, demikian juga makanan harus benar-benar di jaga dengan penutup sehingga lalat tidak langsung menghinggapi makanan dalam rumah - rumah penduduk.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00