100 Calon Jamaah Haji Aceh Barat Ikut Sosialisasi KMA Pembatalan Haji

Sosialisasi Keputuan Menteri Agama RI Tentang Pembatalan Haji di Meulaboh, Sabtu, 31 Juli 2021

KBRN, MEULABOH : Sebanyak seratus jamaah haji Kabupaten Aceh Barat mengikuti Sosialisasi Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 1442H/2021M. Kegiatan tersebut berlangsung di aula Yayasan Al-Azhar Meulaboh, Sabtu 31 Juli 2021.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Aceh Barat, Drs Tharmizi mengatakan, sosialisasi tersebut sebagai upaya peningkatan pelayanan haji dan memberikan pemahaman kepada jamaah terkait pembatalan haji tahun 1442H/2021M.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Khairul Azhar SAg MSi menyampaikan, pembatalan haji harus disikapi dengan berprasangka baik (berhusnudzan). Sebab dari pembatalan tersebut memiliki hikmah yang tersirat yang disiapkan oleh Allah SWT.

Selain itu, dengan pembatalan tersebut jamaah haji juga dapat mempersiapkan diri secara matang terkait tata cara melaksanakan ibadah haji secara baik dan benar.

Khairul juga mengingatkan kepada seluruh jamaah haji agar tidak menerima pemberitaan yang mengandung hoaks (berita bohong), baik terkait pembatalan haji maupun terhadap pemberitaan lainnya.

“Jika ada keraguan terkait pembatalan haji, silakan bertanya kepada sumbernya,” tambah Khairul.

Adapun materi yang disampaikan yaitu, Kebijakan Pelaksanaan Haji Indonesia disampaikan oleh Kasi Bina Haji dan Advokasi Haji Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Adnan. Proses Kesehatan Jamaah Haji pada Masa Pandemi Covid-19 oleh Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, dr Fatria Dharma Asih, dan Istitaah dalam Pelaksanaan Ibadah Haji disampaikan oleh Ketua MPU Aceh Barat, Tgk Abdul Rani Adian

Pelaksanaan Sosialisasi tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00