Cegah Angka Covid-19, Dinkes Aceh Selatan Lakukan Tahapan Insiden rate Covid-19

KBRN, Aceh Selatan: Terhitung sejak tahun 2020, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Aceh Selatan hingga Kamis (29/07/2021) mencapai 418 orang.

Dari 418 orang kasus terkonfirmasi, 3 orang diantaranya masih dirawat, 366 orang dinyatakan sembuh, 49 orang meninggal dan penambahan kasus terkonfirmasi selesai isolasi mandiri / sembuh 2 orang. Sedangkan untuk kasus Suspek 5 orang, dengan rincian suspek dirawat 1 orang, dan suspek meninggal 4 orang.

"Probable 4 orang, dengan rincian probable meninggal 4 orang, penambahan probable hari ini 0 orang, penambahan probable dirawat 0 orang dan penambahan probable meninggal hari ini 0 orang," kata Kadinkes Aceh Selatan, Fakhrijal S.Kep, M.Kes ketika dihubungi rri.co.id Jum’at (30/07/20212).

Sementara untuk Discarded, lanjutnya, sebanyak 744 orang dengan penambahan kasus discarded dari data suspek selesai isolasi 3 orang. "Traveller 5607 orang, Traveler masih isolasi 0 orang, traveler yang selesai isolasi 5607orang, penambahan traveller hari ini 0 orang," pungkasnya.

Fakhrijal mengatakan, untuk saat ini pihaknya tetap menerapkan tes secara masif layaknya Pemerintah Pusat. Bahkan, dalam praktiknya, ada dua strategi pendekatan saat tes berlangsung. "Dinkes Aceh Selatan menerapkan tes, kita sama-sama strateginya sama dengan tingkat pusat. Ada testing, lacak, isolasi. Kami lakukan testing secara masif melalui dua srategi pendekatan," ucapnya

Pendekatan pertama adalah tracking contact terhadap kasus konfirmasi positif Covid-19. Artinya, seusai pihak rumah sakit melaporkan adanya kasus positif, pihak Dinkes Aceh Selatan langsung menelusuri jejak sang pasien tersebut. "Jadi begitu ada kasus positif, yang dilaporkan oleh rumah sakit, kami langsung tracking di lingkungan sekitarnya yang kontak erat dengan pasien-pasien tadi," jelasnya

Ia Menambahkan, pihaknya juga fokus dalam mendatangi tempat-tempat yang berisiko terjadi penularan virus corona. Hal itu dilakukan bersamaan dengan menghitung laju insiden rate Covid-19. "Insiden rate adalah jumlah kasus positif perpenduduk. Semakin tinggi, semakin cepat tentunya semakin berisiko. Itulah yang kami sasar," kata dia.

Dirinya juga menghimbau, agar masyarakat di Aceh Selatan tetap selalu menerapkan Protkes ketika berada diluar rumah untuk mencegah penyebaran covid-19 di Aceh Selatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00