TMMD Ke-111, Anugerah Terindah Bagi Warga Teluk Dalam, Simeulue

Aspotmar Kasal Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, mengecek kontruksi salah satu jembatan (Foto: Jenedi Rahman/RRI)

KBRN, Simeulue: " Kami sangat bersyukur sudah ada jalan yang bagus ke sawah dan ke kebun. Ini seperti mimpi yang jadi kenyataan," begitu kata Maman salah seorang warga Kecamatan Teluk Dalam, meluahkan perasaan senagngnya ketika TMMD ke- 111 tiba di Kampungnya, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Simeulue, kepada RRI siang tadi seusai Tim Wasev meninjau progres TMMD yang sedang dikebut Satgas.

Ingin punya infrastruktur yang bagus memang bukanlah hal yang mudah untuk bisa digapai warga Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk Dalam. Bertahun sudah warga di sana mendambakan adanya jalan yang layak untuk dapat dilalui bila ingin pergi ke sawah dan ke ladang.

Selama ini bukanlah sama sekali tidak ada jalan. Ada, tetapi warga harus melewati 'jalan tikus' menerobos rimbunnya hutan, rawa dan semak belukar.

Namun kini, angan dan penantian panjang untuk memiliki jalan besar, bagus dan nyaman untuk dilalui akhirnya terwujud. Angan - angan warga bahkan mimpi sekalipun kini pupus berganti nyata.

Tepat 15 Juni kemarin, program TMMD masuk ke Simeulue memilih lokasi di Desa Kuala Bakti, Kecamatan Teluk Dalam. Program TMMD kali ini menerebos jalan sepanjang tiga kilo meter. Dua kilo meter diantaranya lansung dilakukan pengerasan agar bisa terus difungsikan oleh warga sekitar. 

Inilah bukti nyata karya prajurit TNI untuk membangun Negeri.

Selain jalan dengan lebar tujuh meter tadi, ada tiga unit jembatan kayu dan kegiatan non fisik lainnya seperi penyuluhan Narkoba, pertanian, posyandu, dan posbindu PTM.

Tentu ini adalah anugerah terindah yang diberikan sang pencipta kepada mereka. Bagaimana tidak, jika jalan yang dibangun TNI ini sudah selesai, maka akan ada banyak keuntungan yang didapat warga. Salah satunya kemudahan untuk mengakses sawah dan ladang. Dengan demikian, ekonomi warga pun akan menggeliat di sana. 

"Syukur dan kami sangat ber terimakasih kepada TMMD yang sudah membangun jalan kepada kami," Ujar Maman tadi.

Dengan mengenderai sepeda motor,  Kamis (24/6) tim pengawasan dan evaluasi (Wasev) meninjau lokasi TMMD ke- 111 yang berada di Kecamatan Teluk Dalam. Iring iringan Motor jenis Tril yang dikenderai tim itu melaju perlahan diatas jalan yang baru dihampar material.

Sepeda motor jenis trail paling depan tampak dikenderai Aspotmar Kasal Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto. Jenderal bintang dua itu merupakan ketua tim wasev yang berkunjung ke Simeulue, untuk meninjau secara lansung progres pekerjaan TMMD di Kabupaten paling barat NKRI tersebut.

Aspotmar Kasal tadi, ke Simeulue juga didampingi Paban V Bakti TNI AL Kolonel Laut (P) Desmon Hermono Kusumo, Danlantamal Satu Kolonel Laut (P) Sunar Salahuddin, dan Waaster Kasdam IM Letkol Inf Winarko.

Amatan RRI, iring - iringan sepeda motor tadi berhenti tepat disamping sebuah alat berat yang sedang bekerja. Tim wasev dan rombongan Forkopimda pun turun dan berjalan menyusuri jalan yang sedang dikerjakan TNI dan Masyarakat itu.

Sembari berjalan memriksa progres pembangunan jalan, Jenderal bintang dua tadi tak lupa menyapa Satgas yang sedang bekerja dan mengingatkan agar selalu menjaga kesehatan. Pantauan di lokasi, ketua tim wasev turun ke bawah jembatan untuk memeriksa lebih dekat kontruksi salah satu jembatan yang tampak sudah rampung dikerjakan.

Jika saja jalan yang dibangun TMMD ini tembus sepanjang 15 Kilo meter, menyatukan dua bahkan tiga Kecamatan sekaligus. Namun sayang, program TMMD itu tahun ini hanya mengerjakan tiga kilo meter. Menyesuaikan biaya.

" Yang dikerjakan TMMD dua kilo meter. Jadi kita masih membutuhkan 13 kilo meter agar tiga kecamatan sekaligus bisa mengambil manfaat," Kata Mayor Jenderal TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto berjanji akan menyampaikan di dalam rapat evaluasi mengenai 13 kilo meter yang tersisa supaya bisa dilanjutkan pada tahun berikutnya.

Akankah TMMD berikutnya menyatukan tiga Kecamatan di Simeulue ? Semoga saja, amin yarabbal alamin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00