2 Kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya belum Ajukan Pencairan Dana Desa Tahap II

KBRN, Aceh Jaya: Semua gampong dalam dua kecamatan di Aceh Jaya, yakni Kecamatan Krueng Sabee dan Indra Jaya belum mengajukan pencairan dana desa tahap II.  Padahal masa pencairan dana desa tahap II sebesar 40 persen untuk masing-masing gampong ini sudah bisa dilakukan mulai Mei hingga Agustus 2021. . Adapun yang sudah mengajukan pencairan dana desa tahap II tahun 2021 di Aceh baru 26 gampong dari 172 desa di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya. 

Berkas pengajuan dana desa itu saat ini sudah diserahkan ke Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Jaya setelah mendapatkan rekomendasi dari DPM-PKB kabupaten setempat. Dengan demikian 146 desa di Aceh Jaya belum mengajukan pencairan dana desa tahap II.

Kepala DPM-PKB Aceh Jaya, Salbiah yang dikonfirmasi rri.co.id Kamis (17/06/2021) menjelaskan, seluruh berkas pengajuan dana desa tahap II ke 26 desa sudah diajukan ke BPKK. "Hingga saat ini sudah ada 26 desa yang mengajukan pencairan dana, dan berkasnya sudah serahkan ke BPKK. Berkasnya diajukan ke kita, kemudian kita rekomendasi untuk dilakukan pencairan dana tahap II sebesar 40 persen," jelasnya. 

Sementara itu Kasubid Keuangan Desa BPKK Aceh Jaya, Syafrizal membenarkan jika ada pengajuan berkas dari 26 desa di Aceh Jaya untuk pencairan dana tahap II. Menurutnya, berkas tersebut diterima pihaknya pada Jumat (11/6/2021) lalu.

Setelah berkas diterima, BPKK sendiri pada Senin (14/6/2021) melakukan verifikasi berkas dan mendapati seluruh desa belum melengkapi syarat sepenuhnya. "Kita lihat belum lengkap berkasnya, jadi harus dilengkapi dulu, untuk saat ini ke 26 desa sudah lengkap, berkas yang tidak lengkap hanya tinggal diprint saja," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00