Balai Besar POM Aceh Melakukan Pemeriksaan Sampling Makanan Di Dua Kabupaten

Petugas Balai Besar POM Aceh Sedang Melakukan Pemeriksaan Hasil Olahan Pedangang Makanan

KBRN Meulaboh : Tim Petugas Balai Besar POM Banda Aceh melakukan pemeriksaan sampling makanan pada sarana distributor pelaku usaha pangan dan sejumlah tempat  pedangang kaki lima Takjil  buka puasa Ramadhan, di dua lokasi yaitu Kabupaten Aceh Jaya dan Kabupaten Aceh Barat.

Pemeriksaan sampling di kabupaten Aceh Jaya, Senin, (4/5) sebanyak 31 sample makanan menggunakan mobil Laboratorium Kenderaan dinas Balai Besar POM Banda Aceh sedangkan kabupaten Aceh Barat sampling yang diambil sebanyak 33 sample. 

"Dari hasil pemeriksaan di dua Kabupaten tersebut,  tidak ditemukan jenis makanan yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya untuk kesehatan, dan dinyatakan aman dan memenuhi syarat untuk dikonsumsi masyarakat, ujar Subkoordinator Inspeksi Balai Besar BPOM Aceh, Naila, S,Si.,Apt di Meulaboh (05/05).

Pengujian  sample dengan menggunakan alat test kit ini untuk mengetahui pasti, berbagai zat bahan-bahan berbahaya pada olahan makanan, seperti formalin, boraks, dan bahan bahan pewarna pakaian yang dicampur dalam olahan makanan.

Apabila ditemukan pelaku usaha yang menggunakan bahan-bahan olahan zat yang berbahaya pada makanan atau minuman, pihaknya akan melakukan pemberitahuan dan langsung melakukan koordinasi pada lintas sektor, terutama pada dinas Perdagangan dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota setempat, untuk dilakukan peneguran pada pelaku usaha tersebut, pungkas Naila.

POM Aceh  berharap agar masyarakat terutama pelaku usaha untuk senantiasa menjaga kualitas mutu hasil olahan pangan yang diedarkan ke konsumen, dan tidak mengandung bahan-bahan zat  berbahaya yang dapat merusak organ kesehatan pada tubuh manusia, selain itu masyarakat juga harus teliti dan cermat dalam membeli makanan  atau minuman yang di jual oleh dipasaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00