USU Ranking 7 Perguruan Tinggi Hak Paten

KBRN, Medan: Universitas Sumatera Utara  (USU) berada pada peringkat 7 (tujuh) dalam pemeringkatan perguruan tinggi  berdasarkan jumlah permohonan Hak Paten tahun 2019 oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI pada 2019.

Rektor USU Prof.Dr.Runtung Sitepu SH MHum Senin (29/6) mengatakan, pada  tahun 2018, USU berada pada peringkat 10 sedangkan pada tahun 2017, USU belum masuk peringkat 10 besar. 

"Pada  tahun 2019, jumlah Hak Paten USU terbit sebanyak 35, sementara pada tahun 2020 ini, sejak Januari hingga Juni jumlah Sertifikat Paten USU yang sudah terbit  sebanyak 25," ucap Runtung.

Rektor USU itu memperdiksi jumlah  sertifikat Paten yang terbit hingga Desember 2020 bisa mencapai 50. "Diprediksi sertifikat paten yang terbit tahun ini kami harapkan bisa mencapai 50," optimis Rektor USU ini. 

Adapun sepuluh besar perguruan tinggi yang telah mendapatkan Permohonan Hak Paten yakni Universitas Gajah Mada, Universitas Andalas, Universita Diponegoro, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Indonesia. Kemudian Universitas Sumatera Utara, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Ciputra. 

Diketahui paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada penemu atas hasil penemuannya di bidang teknologi yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya atau penemuannya tersebut atau memberikan kepada pihak lain untuk melaksanakannya. (Untung Sinulingga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00