KIB Diharapkan Bisa Jadi Koalisi Permanen

KBRN, Medan : Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) diharapkan tidak hanya menjadi koalisi untuk Pemilu 2024, tapi juga bisa menjadi koalisi partai politik yang permanen.

Hal itu terungkap pada acara silaturahmi KIB Sumatera Utara (Sumut) di Kantor DPD Golkar Sumut, Jalan Sudirman Medan, Rabu (29/6/2022). Silaturahmi tersebut merupakan tindak lanjut dari KIB pusat, guna menjalin sinergi dan kesepahaman untuk menghadapi Pemilu 2024. 

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPD Golkar Sumut Musa Rajekshah beserta pengurus, Ketua DPW PAN Sumut, Ahmad Fauzan Daulay dan pengurus, serta Ketua DPW PPP Sumut, Jafaruddin Harahap dan pengurus.

Ketua DPD Golkar Sumut Musa Rajekshah mengatakan, pihaknya ingin meneruskan koalisi Indonesia bersatu hingga ke tingkat desa dan kelurahan. Ia juga berharap Pemilu 2024 dapat berjalan aman dan lancar.  

"Tujuan kita bagaimana pembangunan bisa dikerjakan untuk kepentingan rakyat. Serta pemilu tidak menjadi perpecahan antar kita dan partai politik yang ada," kata Ijeck, sapaan Musa Rajekshah. 

Ia menuturkan bahwa KIB akan saling mengingatkan dalam silaturahmi dan semakin kompak untuk membuktikan kehadiran partai politik di tengah-tengah masyarakat untuk kepentingan rakyat.

 Sementara Ketua DPW PAN Sumut, Ahmad Fauzan Daulay menyebutkan, pihaknya sudah menyampaikan kesepakatan KIB kepada seluruh DPD kabupaten/kota dalam Rakerda PAN.  

"Mudah-mudahan KIB ini bisa dipermanenkan ke depan, dan kita atur langkah. Mudah-mudahan di Pemilu, kita bisa atur strategi bersama," ujarnya. 

Ia juga mengaku siap membuat koalisi ini permanen, tidak hanya untuk Pemilu tetapi juga sampai di tingkat Pemilihan kepala daerah (Pilkada) mendatang. KIB diharapkan menjadi kekuatan baru, baik di tingkat nasional maupun tingkat Sumut.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPW PPP Sumut, Jafaruddin Harahapmengatakan, silaturahmi ini sudah lama ditunggu sebagaimana amanah dari pusat untuk menjalankan koalisi hingga ke tingkat daerah.  

"Kita berharap koalisi ini menjadi kekuatan baru baik tingkat nasional dan Sumut menghadapi Pemilu 2024 sekarang," tegasnya.

Dikatakan Jafar, meski secara nasional partai berlambang Ka'bah menempati posisi terakhir dan di Sumut hanya memiliki dua kursi di DPRD Sumut, namun hal itu menurutnya bukan kelemahan.

"Ini menjadi modal kami untuk menghadapi Pemilu mendatang," kata Jafar. 

Pihaknya juga menyambut baik keberadaan KIB karena dinilai bisa menjadi solusi atas merosotnya demokrasi. 

"Kita harap KIB ini mampu menyatukan kekuatan, membangun demokrasi untuk Indonesia ke depan, untuk kepentingan rakyat dan kepentingan umat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar