Penetapan Mantu Jokowi sebagai Walikota Medan Terpilih Tunggu Putusan MK

Bobby Nasution (kiri). Foto : ist

KBRN, Medan : Penetapan pasangan Bobby Afif Nasution – Aulia Rachman sebagai Walikota dan Wakil Walikota Medan terpilih masih harus menunggu putusan dari Mahkaman Konstitusi (MK). Sebab, pasangan Akhyar-Salman yang menjadi lawan Bobby–Aulia di Pilkada Medan 2020 mengajukan gugatan ke MK.

Komisioner KPU Medan Divisi Hukum, Zefrizal mengatakan, penetapan paslon terpilih yang menjadi tahapan Pilkada belum dapat dilakukan karena masih ada perselisihan. Pihaknya harus menunggu hasil putusan MK atas gugatan tersebut. 

“Penetapan paslon menunggu keputusan MK,” kata Zefrizal, Jumat (22/1/2021).

Ia menuturkan, jika MK memutuskan sesuai harapan KPU, maka penetapan calon terpilih akan dilakukan 5 hari kemudian. Namun jika MK memutuskan lain, maka KPU Medan akan melaksanakan putusan tersebut. 

“Kalau misalnya MK memutus sesuai dengan apa yang diharapkan KPU Medan, maka setelah itu kita akan tetapkan calon terpilih. Jika misalnya MK berpendapat lain, maka kita akan laksanakan putusan MK, apa diktum putusannya,” ungkapnya.

Zefrizal tidak dapat memprediksi kapan penetapan Walikota dan Wakil Walikota Medan terpilih dapat dilakukan karena menunggu proses di MK selesai.

“Belum bisa diprediksi,” ujarnya. 

KPU Medan sebelumnya telah menerima Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) dari MK terkait gugatan hasil Pilkada 2020 di Medan yang dilayangkan kubu timses Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. 

Dengan adanya gugatan tersebut, maka penetapan paslon terpilih menjadi tertunda. Sebelumnya KPU Medan telah menetapkan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Medan nomor urut 02 Bobby Nasution - Aulia Rachman unggul dalam perolehan suara Pilkada Medan 2020. Paslon yang didukung 8 partai politik tersebut meraih 393.327 suara (53,45%), selisih 50.747 (6,9%) suara dari lawannya Akhyar Nasution - Salman Alfarisi dengan 342.580 suara (46,55%).

Bobby Nasution merupakan menantu Presiden RI Joko Widodo sedangkan Akhyar Nasution adalah Plt Walikota Medan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00