Amizaro Waruwu Jadi Bupati Terpilih Nias Utara

KBRN, Gunungsitoli: Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Nias Utara,  menetapkan pasangan Amizaro Waruwu-Yusman Zega (AMAN) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara periode 2021-2024. Pasangan tersebut terpilih dari hasil Pemilihan Kepala Daerah  (Pilkada)  yang digelar 9 Desember 2020 lalu. 

Penetapan pasangan Amizaro-Yusman sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang dilaksanakan di TC Osseda, Jalan Gowe Zalawa, Desa Fadoro Fulolo Kecamatan Lotu, Kamis (21/1/2021).

Sesuai Rapat Pleno Penghitungan Suara bulan Desember 2020 lalu,  bahwa pasangan AMAN sebagai pemenang Pemilihan Bupati dan wakil Bupati  Nias Utara tanggal  9 Desember 2020 lalu. Mereka memperoleh 38.121 suara. Pasangan tersebut diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), PKPI, Hanura dan Partai Nasdem.

Ketua KPU kabupaten Nias Utara Evorianus Harefa mengatakan, rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih di Kabupaten Nias Utara, dilaksanakan setelah terbitnya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahakamah Konstitusi (MK). Di mana pasangan calon dari Nias Utara dinyatakan tidak ada yang menggugat hasil Pilkada. 

Sementara itu, Bupati Nias Utara terpilih Amizaro Waruwu, mengucapkan  terimakasih kepada KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, serta rivalnya pasangan calon nomor urut 1. Kemudian TNI/Polri  dan terkhusus kepada Tim Pasangan AMAN atas upaya dan kerja kerasnya sehingga Pilkada Nisut tahun 2020 dapat terlaksana dengan baik.

“Selaku Bupati Terpilih, mengajak seluruh masyarakat Nias Utara untuk bergandengan tangan dalam mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2021-2024," kata, Amizaro.

Penetapan Pasangan Amizaro Waruwu dengan Yusman Zega sebagai Bupati dan wakil Bupati Terpilih,   ditandai dengan pembacaan berita acara oleh Komisioner Divisi Hukum KPU Nias Utara, Inotonia Zega. Sementara Surat Keputusan penetapan Pasangan Calon terpilih dibacakan langsung oleh Ketua KPU Nias Utara, Evorianus Zalukhu dan sekaligus SK tersebut diserahkan Komisioner KPU  kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00