Polrestabes Medan Tembak Mati Bandar Sabu 26,9 Kg Asal Surabaya

KBRN, Medan: Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Medan berhasil mengungkap upaya peredaran narkotika jenis sabu seberat 26,9 kilogram (kg) pada 11 Januari 2021. Total ada empat tersangka diamankan, satu diantaranya meninggal dunia, usai mendapat tindakan tegas, keras, tepat, dan terukur karena mencoba membahayakan keselamatan petugas kepolisian. Keempat pelaku yakni ESR, FS, RS, dan MS (MD) yang semuanya merupakan warga asal Aceh.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan, pengungkapan peredaran narkotika jaringan Malaysia – Aceh – Jawa ini dilakukan pada dua lokasi berbeda. Pengungkapan pertama di sebuah Hotel yang berada di Jalan Sei Belutu, diamankan tiga tersangka yakni ESR, FS, dan RS dengan barang bukti 1,9 kg sabu yang dikemas dalam 22 bungkus. Kemudian pengungkapan kedua dilakukan di salah satu hotel yang berada di Jalan Sisimangaraja. Dikatakan Martuani, modus yang dilakukan para tersangka untuk mengelabui petugas adalah dengan menyimpan sabu ke dalam sepatu mereka masing – masing.

“Ini ada dua TKP dan TKP pertama ini dilakukan penindakan terhadap tiga orang ini ESR, FS, dan RS yang rencananya barang ini akan mereka bawa ke Jakarta. Lokasi ada di sebuah hotel di Jalan Sisimangaraja dan Jalan Sei Belutu. Ini dilakukan tiga orang dari Aceh, dan mungkin pemasarannya di Medan,” ucap Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani saat konferensi pers di RS Bhayangkara Medan, Kamis (14/1/2021).

Dari hasil interogasi ketiga pelaku, ada rekannya yang merupakan bandar sabu besar sedang berada di depan salah satu hotel di Jalan Sisimangaraja Medan. Setelah dilakukan penyidikan, petugas berhasil mengamankan seorang pelaku berinisial MS dan barang bukti 25 kg sabu yang dibungkus di dalam koper.

“Dari tiga orang ini, ternyata ada bandar yang lebih besar. Ini juga mengejutkan kita, karena sama seperti pengungkapan satu bulan lalu bahwa orang luar Sumut jemput langsung. Kita menduga ini adalah untuk mengurangi biaya sekaligus untuk demi kerahasiaan. Kebetulan yang berangkat ini dari Jawa Timur, Surabaya. MS akan membawa 25 kg sabu,” jelas Kapolda.

Hasil tindakan personel satuan reserse anti narkoba polrestabes Medan, berhasil menembak mati satu pelaku MS, yang akan membawa 25 kg sabu ke Surabaya. MS mendapat tindakan tegas karena mencoba merebut senjata pistol milik petugas saat dilakukan pengembangan untuk menangkap rekannya AA di Binjai. Kapolda menilai, pengungkapan ini merupakan suatu prestasi menggembirakan di awal tahun 2021.

“Semua kegiatan yang dilakukan anggota Polda Sumut apabila dalam pelaksanaannya ada yang mengancam dan membahayakan petugas kami, maka sesuai intruksi saya, lakukan tindakan tegas, keras, tepat, dan terukur,” tegas Kapolda.

Selain berhasil mengamankan empat tersangka, saat ini petugas Satresnarkoba Polrestabes Medan melakukan pengejaran terhadap Hatta yang sekaligus berstatus DPO. termasuk rekan dari MS yakni AA asal Binjai juga dilakukan pengejaran. (Joko Saputra)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00