Kurir 26 Kg Sabu Divonis Mati Hakim PN Medan

Ilustrasi: Vonis Mati (int)

KBRN, Medan: Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan menjatuhkan pidana mati kepada Abadi Samad (45), warga Desa Tufah, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Abadi dijatuhi hukuman karena terbukti sah dan meyakinkan bersalah menjadi kurir narkoba.

Vonis terhadap Abadi dibacakan Ketua Majelis Hakim, Syafril Batubara dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Medan pada Senin 30 November 2020 kemarin

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai Abadi telah terbukti secara sah dan meyakinkan menguasai secara tanpa hak sebanyak 26 kilogram narkoba jenis sabu-sabu. Perbuatannya melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Terkait putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Anita, membenarkan adanya putusan tersebut.

"Benar, putusannya hari Senin kemarin. Putusannya sesuai dengan tuntutan kita. Majelis hakim sependapat dengan tuntutan kami yang sebelumnya menuntut terdakwa Abadi Samad dengan pidana mati," kata Anita, Rabu (2/12/2020).

Terpisah, terdakwa Abadi Samad melalui penasihat hukumnya dari LBH Shankara Mulia Keadilan (SMK) Tita Rosmawati menyatakan keberatan. Namun mereka belum memutuskan apakah akan banding atau tidak.

"Kita keberatan karena terdakwa ini hanya sebagai kurir. Kami sedang koordinasi dulu dengan terdakwa apakah akan banding atau menerima, karena masih ada waktu beberapa hari lagi. Sementara ini kita pikir-pikir," ujarnya.

Sebelumnya dalam dakwaan Jaksa, diketahui bahwa Abadi ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) di Medan pada hari Sabtu tanggal 15 Februari 2020. Abadi ditangkap saat menumpang mobil truk Mitsubishi Canter warna kuning bernomor polisi BM8108SD dalam perjalanan dari Aceh menuju Jakarta.

Setelah diinterogasi, Abadi mengaku sabu-sabu tu diantar ke Jakarta atas suruhan Marzuki Ahmad alias Tengku (berkas terpisah) dengan upah Rp200 juta.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00