Cucu Tega Bunuh Neneknya Hanya Demi Uang dan Perhiasan

KBRN, Medan: Seorang nenek bernama Minta Siregar (97) dibunuh secara oleh cucunya sendiri berinsial RM (42). Peristiwa perampokan disertai pembunuhan itu, terjadi di rumah anak korban di Dusun Lumban Simbolon, Desa Dolok Sanggul, Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Selasa 24 Mei 2022.

Menerima informasi tersebut, Satuan Reserse Kriminal Polres Dairi turun ke lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi-saksi untuk mengungkap kasus pembunuhan dialami wanita Lanjut Usia (Lansia) merupakan warga Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbang Hasundutan itu.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Dairi, AKP. Rismanto J Purba menjelaskan tidak memerlukan waktu lama untuk mengungkap pelaku pembunuhan terhadap nenek tersebut. Polisi langsung mengamankan RM tidak jauh dari lokasi kejadian, Rabu pagi, 25 Mei 2022, sekitar pukul 10.00 WIB.

"Dengan waktu kurang dari 1 X 24 jam, berhasil melakukan penangkapan terhadap pelaku berinisial RM yang merupakan cucu dari Korban," ucap Rismanto, Jumat (27/5/2022).

Hasil pemeriksaan terhadap pelaku, Rismanto mengungkapkan bahwa motif pelaku yang melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan membuat korban tersebut tewas. Karena, menguasai perhiasan dan uang milik korban.

"Kita mengamankan 1 buah kalung emas, 2 buah cincin emas, 1 buah dompet dan uang tunai Rp 610 ribu," ungkap Rismanto.

Rismanto mengatakan untuk perhiasan yang curi dari neneknya sendiri belum sempat dijual korban dan disimpan tidak jauh dari lokasi kejadian. Sedangkan, RM menghabiskan membunuh korban dengan cara menganiaya atau memukuli hingga menghembuskan nyawa terakhir.

"Barang bukti tersebut disembunyikan oleh pelaku di ladangnya yang berjarak sekitar 4 Kilometer dari lokasi kejadian. Kemudian, hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dengan medan yang menanjak juga curam," tutur Rismanto.

Kini pelaku RM bersama barang bukti sudah diamankan di Mako Polres Dairi guna proses hukum selanjutnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar