Gakkum KLHK Sumatera Gagalkan Perdagangan 36,7 Kg Sisik Tenggiling dan 1 Paruh Burung Rangkong

Sisik tenggiling yang berhasil disita petugas Gakkum KLHK Sumatera.

KBRN, Medan: Sporc Brigade Macan Tutul Seksi Wilayah I Balai Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sumatera mengamankan 36,7 sisik tenggiling dari tangan 2 orang tersangka, di depan Bahyung Coffee, Desa Gegerung, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (25/11/2021) kemarin.

Kepala Seksi Wilayah I Gakkum KLHK Sumatera Haluanto Ginting mengatakan kedunya berinisial SP (40) dan M (26). Selain itu, Haluanto mengatakan dari hasil pengembangan pihaknya kembali mengamankan 1 orang tersangka berinisial MB (41) dan menyita 1 buah paruh burung rangkong, di Jalan Jenderal Besar A. H. Nasuiton, Kota Medan.

“Ketiganya telah kita amankan dan sudah dititipkan ke Rutan (Rumah Tahanan, red) Polda Sumatera Utara,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Sabtu (27/11/2021).

Haluanto menerangkan kini ketiganya diancam dengan Pasal 21 ayat (2) huruf d Jo Pasal 40 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Dengan ancaman pidana penjara maskimal 5 tahun penjara dan denda maksimal Rp 100 juta,” ujarnya.

Haluanto menyebut saat ini pihaknya masih terus melakukan upaya penyelidikan dan pendalaman lebih lanjut untuk menangkap pelaku lainnya.

“Saat ini penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera masih mendalami kemungkinan keterlibatan pihak-pihak lain terutama aktor intelektual dalam jaringan perdagangan sisik tenggiling dan paruh burung rangkong ini,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar