5 Hidangan Manado Paling Populer

KBRN, Medan: Diracik dengan banyak rempah segar tanpa santan, hidangan Manado disukai banyak orang. Dari ayam tuturuga, sup brenebon hingga garo bunga pepaya. Sedap nikmat.

Suku Minahasa di Sulawesi Utara dikenal akan kulinernya yang sangat beragam. Karena kaya akan rempah dan hasil bumi dan laut, hampir semua bahan makanan diolah jadi makanan enak, termasuk yang ekstrem.

Ciri khas hidangan Manado, memakai banyak bahan segar, rempah daun dan rempah kering yang melimpah. Karena itu rasanya sangat segar, pedas menyengat dan gurih enak. Sebagian besar memakai cabe dalam bumbunya.

Ada ayam tuturuga, sup brenebon, cakalang suwir, ayam woku hingga garo bunga dan daung pepaya. Tak sulit dibuat karena semuanya segar.

Berikut ini 5  hidangan Manado paling populer, dikutip dari Detikfood, Sabtu (13/8/2022).

1.  Ayam Tuturuga

Berbeda dengan olahan ayam lainnya, ayam tuturuga memakai sedikit santan sehingga rasa gurih pedasnya mantap.

2.  Ayam Woku Balanga

Ayam masak dalam belanga ini sangat populer. Diracik dengan rempah daun segar, memakai bumbu cabe plus taburan daun kemangi melimpah. Sedap!

3.  Sup Brenebon

Sup ini merupakan hidangan Manado dengan pengaruh kuliner Belanda, bruine bonen soep atau sup kacang merah. Memakai daging iga atau berlemak, bisa juga kaki babi.

4.  Ikan Cakalang Suwir Rica-rica

Ikan cakalang asap merupakan produk ikan khas Manado. Disuwir halus lalu diaduk dengan bumbu super pedas. Makin nikmat dimakan dengan nasi hangat.

5.  Garo Bunga dan Daun Pepaya

Tumisan sederhana bunga dan daun pepaya ini pahit gurih rasanya. Bisa dibuat dari bunga pepaya saja atau daun pepaya saja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar