Binjai Kota Rambutan

KBRN, Medan:  Binjai, salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara itu terletak sekitar 22 kilometer di sebelah barat Kota Medan. Sebelum berstatus kotamadya, Binjai merupakan ibu kota Kabupaten Langkat yang kemudian dipindahkan ke Stabat.

Secara geografis, Binjai berbatasan langsung dengan Kabupaten Deli Serdang di sebelah timur dan selatan, dan Kabupaten Langkat di sebelah barat dan utara. Kota tersebut merupakan salah satu daerah dalam proyek pembangunan Mebidang yang meliputi kawasan Medan, Binjai dan Deli Serdang. Antara Binjai dan Medan dihubungkan oleh jalan raya Lintas Sumatra yang juga menghubungkan Medan dan Banda Aceh.

Binjai adalah kota penghasil rambutan terbanyak di Indonesia. Perkebunan rambutannya mencapai 425 hektare dengan kapasitas produksi 2.400 ton per tahun. Binjai sebelah timur dan selatan merupakan daerah konsentrasi pertanian.

Rambutan binjai juga termasuk salah satu jenis rambutan paling populer di Indonesia. Rambutan jenis ini berambut cenderung halus, panjang, tetapi agak jarang-jarang. Rambutan ini kulit buahnya berwarna merah terang dengan daging yang tebal dan juga ngelotok dari bijinya.

Rambut dari rambutan binjai ini berwarna hijau di ujungnya membuat visualnya semakin indah. Bentuk dari rambutan binjai agak lonjong dan buahnya cenderung besar. Cita rasa dari rambutan Binjai manis. Bibit rambutan asal Binjai ini juga telah disebarkan dan dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia seperti Blitar, Jawa Timur, dan menjadi komoditas unggulan daerah tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00