Jus Martabe, Minuman Sehat dan Segar Khas Sumatera Utara

KBRN, Medan:  Jus Martabe  merupakan minuman asal Indonesia, lebih tepatnya dari daerah Sumatera Utara, khususnya Medan. Minuman ini dipanggil martabe karena sebenarnya nama martabe adalah gabungan antara buah markisa (mar) dan terong belanda (tebe).

Dengan cita rasa dari markisa yang asam manis, dan terong belanda yang juga memiliki rasa asam, semakin menarik perhatian orang-orang yang penasaran dengan minuman ini.

Terong Belanda memiliki khasiat mencegah kanker, mencegah sembelit, dan menangkal radikal bebas.  Sementara buah markisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas,  menguatkan daya tahan tubuh, menyehatkan pencernaan, menjaga kadar gula darah, dan menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Lalu, bagaimana cara membuat jus martabe di rumah?  Bahan yang dibutuhkan :   4 buah markisa,  3 buah terong belanda,  3 sdm gula pasir, 500 cc air, dan es batu sucukupnya.

Cara membuatnya amat mudah.  Ambil markisa dan terong belanda, potong menjadi 2 bagian.  Kerok masing-masing isi markisa dan terong Belanda.  Siapkan blender lalu masukkan isi markisa dan terong belanda ke dalam blender.  Tambahkan air dan gula. Blender sampai halus.  Tuang jus ke dalam gelas dan tambahkan sedikit es batu.  Jus martabe siap diminum!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00