Resep Mie Gomak

KBRN, Medan: Pernahkah anda mencoba bikin resep mie gomak? Hidangan berbahan dasar mie lidi ini sudah menjadi bagian dari budaya Batak sejak lama. Ukuran mie besar seperti mie Aceh dan seringkali disebut sebagai spaghetti Batak. Hidangan mi yang sering dijajakan sebagai hidangan sarapan ini dimasak dalam banyak variasi.

Dengan tambahan bumbu seperti andaliman, kecombrang, atau kacang tanah, lalu dimasak dengan santan atau hanya air sebagai kuahnya. Setiap dapur rumahan Batak punya gaya sendiri dalam menyajikan menu sarapan ini. Mie gomak akrab dimasak dengan kuah daging juga tambahan telur rebus.

Sama seperti mie Aceh, selain disajikan sebagai mie kuah, menu sarapan ini juga diolah dengan cara ditumis atau digoreng bersama bumbu yang pekat. Untuk membeli bahan utamanya,  bisa membeli di toko dalam pasar tradisional yang menjual bahan masakan khas Batak atau di toko online. Selain membeli mie lidi,  juga bisa sekaligus membeli bihun Medan, andaliman, kecombrang, atau asam patikala.

Yuk, mulai menambah kebisaan memasak  dengan resep yang tak biasa. Salah satunya dengan mempraktikkan resep mie gomak untuk sarapan pagi di rumah atau untuk saur dan buka puasa.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00