Mangokal Holi, Tradisi Pemindahan Makam Leluhur Suku Batak

Pelaksanaan upacara Mangokal Hoki (Jefri Tarigan/Rex Featured)

KBRN, Medan: Masyarakat etnis Batak, utamanya subetnis Batak Toba memiliki tradisi bernama Mangokal Holi, yang masih terus dilestarikan sampai saat ini. 

Mangokal Holi adalah sebuah tradisi upacara adat yang diselenggarakan untuk menggali makam orang yang sudah lama meninggal untuk diambil tulang-belulangnya dan dipindahkan ke tempat yang baru. Tradisi ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur.

Biaya Yang Mahal

Tradisi Mangokal Holi ini bukanlah tradisi yang sembarangan. Mangokal Holi adalah tradisi upacara adat kematian yang membutuhkan biaya yang sangat banyak. Hal ini karena Tradisi Mangokal Holi harus dilakukan sesuai dengan adat Batak.

Marga yang menggelar Mangokal Holi harus menjamu seluruh keluarga besar dan tetangga kampung yang ada. Bahkan dalam pelaksanaan upacara ini biasanya dihidangkan daging kerbau.

Selain itu, dalam pelaksanaan upacara ini juga dibutuhkan hewan yang akan dikurbankan. Tidak jarang masyarakat menggunakan kuda sebagai hewan yang dikurbankan. Dalam upacara ini juga harus disediakan kain ulos sebagai harapan agar berkah selalu mengiringi keturunan orang yang meninggal tersebut.

Selanjutnya : Penghormatan pada Leluhur

Halaman 1 dari 3

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00