Sekjen PP PBSI: ‘Sumut Mesti Berprestasi Menyongsong PON 2024’

KBRN, Medan: Menyongsong sebagai tuan rumah pelaksana Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang bakal berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara, PP PBSI berharap menjadi ajang kesempatan bagi tuan rumah untuk bisa berprestasi. Salah satunya bagi Sumatera Utara harus bisa membuktikan capaian prestasi dan bersaing dengan provinsi lain yang selama ini menjadi barometer gudangnya pebulutangkis nasional

Hal itu disampaikan Sekjen PP PBSI, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, usai mengukuhkan kepengurusan Pengprov PBSI Sumut, periode 2022 – 2026 di Medan, Sabtu (25/6/2022) malam. Pria yang juga menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya ini berharap Sumut tidak hanya sukses dalam hal penyelenggara, namun juga sukses prestasi.

“Harapan saya, pengurus yang baru ini mampu mewujudkan prestasi menyongsong PON ke - 21 dimana Sumut sebagai tuan rumah. Kita akan mendukung supaya Pengprov Sumut betul – betul bisa meraih prestasi tertinggi dengan memberikan medali. Syukur – syukur bisa meraih medali,” ujar Fadil.

Dukungan sarana dan prasarana bertaraf internasional dikatakan Fadil akan mendorong tercapainya sistem pembinaan yang baik dan sekaligus peningkatan prestasi bagi pebulutangkis. Pemenuhan sarana latihan yang baik, di satu sisi juga diimbangi dengan jam terbang atlet untuk bisa mendapatkan jam terbang lebih bertanding dengan atlet – atlet dari pelatnas. “Sumut ini kan tolok ukur di bidang olahaga, banyak atlet yang lahir dari Sumut. Apalagi dengan sarana dan prasarana dan dukungan gubernur serta segenap forkopimda masyarakat, pengusaha, saya kira itu sesuatu yang bisa terwujud,” yakinnya.

Dengan ditempa mental bertanding melalui rangkaian event dan sparing fatner melalui kejuaraan nasional, Fadil sangat optimis Sumut bisa melahirkan pebulutangkis nasional yang suatu saat bakal menjadi harapan Indonesia. “Jika program ini berjalan baik saya yakin dari Sumut lahir Ginting – Ginting baru, lahir Kevin – Kevin baru, lahir Apriyani baru. Dari Sumut lahir atlet untuk Indonesia merambah dunia untuk merah putih,” pesan Fadil.

Sementara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menilai persiapan yang dilakukan Pengprov PBSI Sumut menjelang PON 2024 sudah cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan pembenahan infrastruktur venue yang semakin hari terus mengalami perubahan signifikan.

“Saya optimis bulutangkis Sumut berprestasi. Infrastruktur bulutangkis berjalan, bertahap, lebih baik hari demi hari. Pelatihan – pelatihan yang dilakukan. Saya yakin sekali dengan waktu yang ada di bulan Oktober 2024, saya yakin akan melahirkan atlet – atlet yang bisa diandalkan,” kata mantan ketua PSSI itu.

Senada dengan Gubsu, Ketua Pengprov PBSI Sumut, Suripno Ngadimin mengaku optimis sebagai tuan rumah PON raihan medali tentu tidak bisa ditawar lagi. Dirinya juga akan memaksimalkan bibit – bibit atlet yang selama ini ditempa di daerah, tanpa harus membeli atlet dari luar Sumut.

“Kalau untuk PON 2024 memang sudah menjadi tekad saya. Karena selama ini Sumut pernah bahkan sebuah perunggu. Itu semua pemain dari Jawa yang dibayar. Tapi, kali ini saya tidak mau, harus anak Sumut yang dibesarkan dari Sumut dan dididik Sumut, dan berkibar di nasional,” tegas pria yang akrab disapa ko Aseng ini.

Segala hal telah dilakukan PBSI Sumut untuk mewujudkan hal tersebut. Saat ini puluhan atlet yang akan dipersiapkan menuju PON 2024 juga telah menjalani pelatda jangka panjang. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan kualitas program latihan, Pengprov PBSI Sumut juga telah memfasilitasi Pelatihan pelatih level 1 BWF internasional guna menunjang kualitas dari para pelatih.

“Saya optimis karena saya sudah lakukan dua pelatihan pelatih level I BWF Internasional. Mudah – mudahan pada bulan Oktober ini sudah level dua atau sampai taruna. Mudah – mudahan dengan menguasai dasar – dasar ilmu pelatihan ini, semua pelatihan pelatih Sumut ini akan menjadi matang dan tidak takut lagi karena ilmunya sama,” ucap Aseng.  

Sebagai tolok ukur peningkatan prestasi, Sumut juga dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana kejuaraan nasional bertajuk Sirkuit Nasional (Sirnas) tahun 2022, yang akan dihelat mulai Senin (27/6/2022) besok. Sumut akan menjadi provinsi pertama dari 4 daerah yang dipercaya melaksanakan Sirnas tahun ini. Sirnas merupakan kejuaraan nasional yang trlah masuk kalender resmi dari PP PBSI. Melalui Sirnas ini, diharapkan bisa menghasilkan atlet – atlet yang bermutu dan masa depan bagi cabang olahraga bulutangkis Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar