Edy Rahmayadi Targetkan Sumut Juara Umum Peparnas Papua

KBRN, Medan : Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menargetkan kontingen Sumut bisa menjadi juara umum di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua dengan perolehan 40 medali emas.

"Targetnya jura umum, 40 medali," kata Edy usai acara pelepasan atlet Paralimpik Sumut di Medan, Kamis (28/10/2021).

Edy menegaskan bahwa target tersebut bukan muluk-muluk mengingat persiapan yang dilakukan sudah maksimal.

"Persiapam cukup maksimal. Saya ikuti ini sudah bersama dengan atlet PON dan mereka sudah mempersiapkan dirinya," ujarnya.

Dikatakan Edy, beberapa cabang olahraga yang diunggulkan meraih medali diantaranya atletik, angkat besi, judo, dan catur. 

Edy juga memastikan akan memberi dukungan secara langsung kepada para atlet di Papua seperti yang ia lakukan pada kontingen Sumut di PON Papua lalu.

"Saya berusaha mendampingi mereka. Tapi saya lihat waktunya, minimal Wagub ke sana," ujarnya.

Lebih lanjut Edy mengatakan bahwa Pemprov Sumut juga telah menyiapkan tempat untuk pembinaan atlet, yakni di Siosar, Kabupaten Karo.

"Kita siapkan arena di Siosar, Karo. Kita siapkan di ketinggian 1500 (meter), itu untuk melatih jantung, khususnya paru-paru karena oksigennya sangat rendah. Seluruh atlet akan latihan di sana," sebutnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Ardan Noor mengatakan, secara total kontingen Sumut yang berangkat ke Papua sebanyak 110 orang  terdiri dari 66 atlet, official dan pendamping. 

Peparnas XVI Papua tahun 2021 akan memperlombakan 12 cabang olahraga, di antaranya angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola cerebral palsy (CP), tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00