Pemerintah akan Mengeluarkan izin Konser Musik dan Resepsi Nikah Skala Besar, EPZA : Ini Langkah Positif

KBRN, Medan : Prakrisi hukum, Eka Puta Zakran, SH.MH menyambut baik keputusan Pemerintah terkait akan dikeluarkannya izin penyelenggaraan Konser Musik dan Resepsi Nikah Skala Besar.

Hal itu disampaikan EPZA sapaan akrab Eka Putra Zakran kepada rri.co.id melalui rilis yang diterima Senin (27/9/2021) di Medan.

Dikatakan EPZA, langkah pemerintah yang akan mengeluarkan izin penyelenggaraan kegiatan berskala besar seperti pernikahan, pesta, festival, konfrensi hingga konser musik meski pandemi corona virus disease (Covid-19) belum berakhir dipandangnya sebagai langkah positif.

"Yang paling penting semua pihak atau setiap orang patuh pada ketentuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan", ujar Alumni Magister Hukum Kesehatan UNPAB ini.

Pernyataan Menkominfo Johnny G. Plate yang menyatakan bahwa izin juga diberikan guna mempercepat pemulihan ekonomi serta mewadahi produktifitas masyarakat menurut EPZA sudah tepat, mengingat sejak diumumkannya Covid-19 menjadi bencana nasional berdasarkan Kepres No.12 tahun 2020, seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat lumpuh dan terganggu.

"Jadi hemat saya langkah pemerintah dalam memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan berskala besar yang melibatkan banyak orang sudah tepat. Berarti dalam waktu dekat ini, saya dan kawan-kawan juga bakalan bisa mengikuti wisuda dong. Sebab sampai hari ini pun terus terang, kami belum mendapatkan ijazah S2, karena wisuda masih tertunda", ungkapnya

Sebagaimana dijelaskan Menkominfo izin kegiatan berskala besar diberikan dengan pertimbangan bahwa pemerintah perlu mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif, namun juga harus aman dari Covid-19.

Dikatakan Johnny G. Plate melalui siaran pers bahwa izin penyelenggaraan kegiatan bakal diberikan selama kasus Covid-19 terkendali. Penyelenggaraan berbagai kegiatan juga harus didukung kesiapan sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan.

"Nah, dari penjelasan Menkominfo tersebut, hemat saya tinggal mengatur ritme saja. Kan garisnya sudah jelas, sepanjang Covid-19 terkendali dan masyarakat patuh pada protokol kesehatan, maka masyarakat diberikan izin untuk membuat kegiatan atau pertemuan dalam skala yang besar, termasuk konser musik" pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00