Rektor UNPAB, Sosialisasi Sertifikasi Halal Harus di Gencarkan 

KBRN, Medan :  Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan melaksanakan kegiatan pelatihan sertifikasi halal dan SJH HAS 23000 bersama Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) di Ruang Seminar Universitas Pembangunan Panca Budi, Jumat(17/9/21).

Rilis yang diterima oleh rri.co.id menyebutkan Pelatihan  Sertifikasi Halal dan SJH HAS 23000 yang dilaksanakan selama 2 hari dimulai tanggal 15-16 September 2021 berjalan dengan baik.

Hadir pada pelatihan itu Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi, Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E., M.M, Prof. Dr. Ir. H. Basyaruddin, M.Si. Selaku Direktur LPPOM MUI SUMUT, Drs. H. A. Samusi Luqman, Lc., M.A.(Kabid Komisi Fatwa MUI SUMUT), Prof. Dr. Ir. Rosdanelli Hasibuan, M.T,(Auditor Nasional/Wadir 1 LPPOM MUI SUMUT) , Ahmad Shalihin, S.T., M.T. (Auditor Nasional/Admin Cerol LPPOM MUI SUMUT), Retni Kustiyah Mardi Ati, S.Si, (Auditor Nasional/Sekretaris LPPOM MUI SUMUT) dan Civitas Akademika UNPAB yang nantinya akan mampu memberikan bimbingan atau pendampingan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kota Medan. Hal ini didasari oleh akan dibentuknya HALAL CENTER di Universitas Pembangunan Panca Budi.

Prof. Dr. Ir. H. Basyaruddin, M.Si. Selaku Direktur LPPOM MUI SUMUT mengatakan bahwa Agama Islam sangat menekankan pentingnya menjaga kesucian diri, lahir maupun batin. Secara lahiriah, salah satunya berupa tuntunan (perintah, anjuran, dan larangan) dalam mengkonsumsi makanan, yang bersumber dari Al Quran & Hadits. 

“Berkaitan dengan hal ini, kehalalan suatu produk terkandung juga aspek thayyib (hiegenis dan keamanan produk), dan kepantasan dalam penamaan maupun kemasan produk," kata Prof. Dr. Ir. H. Basyaruddin, M.Si.

Mengingat Sumatera Utara adalah tujuan utama wisata Indonesia (domestik dan mancanegara), maka besar harapan kami para pengusaha terus menjaga konsistensi kualitas dan standar kehalalan produk yang dihasilkan. 

“Dengan demikian wisatawan akan merasakan ketenangan selama berada di Sumatera Utara dan perguruan tinggi ini memiliki peran yang sangat strategis dalam hal edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat," tambahnya.

Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi Dr. H. Muhammad Isa Indrawan, S.E., M.M, juga menyampaikan ini merupakan hasil diskusi bersama Prof. Basyaruddin karena banyaknya Produk UMKM yang harus mendapatkan sertifikasi halal dan peran perguruan tinggi dalam hal pengabdian kepada masyarakat dan penelitian kepada masyarakat dalam hal medukung program sertifikasi halal khususnya di Sumatera Utara.

“Sebenarnya ini sudah menjadi mimpi lama dan sudah beberapa berdiskusi dengan Prof. Namun masih saja tertunda, Bahkan kita sudah menyipkan kurikulum terkait konsesntrasi Manajemen Halal, namun karena kurangnya dosen di UNPAB yang memahami alur terkait proses Sertifikasi Halal dan sistem jaminan halal”, pungkas Rektor UNPAB.

UNPAB juga telah berkerja sama dengan KADINSU dalam mendampingi 5.417 Desa yang ada di SUMUT. Dalam kunjungan ke beberapa daerah maupun ke dinas PMD ternyata banyak produk-UMKM yang layak untuk dipromosikan atau dipasarkan diluar daerah bahkan ke manacangera.

Pelaku UMKM terhalang karena tidak adanya memiliki Sertifikasi Halal dan Sistem Jaminan Halal dari LPPOM MUI SUMUT maupun LLPPOM MUI Pusat, dan Ini langkah awal kami yang nantinya akan memberikan edukasi dan pendampingan kepada beberapa pelaku UMKM yang ada dikota medan untutk mendapatkan Sertifikasi Halal dan mendaftarkan tempat usahanya di Pendaftaran Halal Online (CEROL SS23000)," ucap Rektor kepada rri.co.id.

Pelatihan ini memberikan materi yang sangat luar biasa kepada seluruh peserta yang sangat antusias yaitu tentang Pengantar Pengertian Halal, Sistem Jaminan Halal (Kriteria #1-#11), Pengenalan Titik Kritis Bahan, dan Simulasi Pendaftaran Halal Online (CEROL SS23000).Oleh karena itu, melalui Pelatihan SJH ini diharapkan peserta memiliki kemampuan untuk merencanakan dan mengimplementasikan SJH melalui proses manajemen yang efektif dan efisien. Sekaligus memiliki kemampuan monitoring dan mengevaluasi penerapan SJH atas produk yang dihasilkan. (arguanda pribadi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00