UISU akan Hadirkan Bupati Serdang Bedagai dalam Kuliah Umum Teknopreneur

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP menyerahkan cInderamata kepada Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya saat silaturahmi di ruang kantor Bupati Sei Rampah Selasa.

KBRN, Medan: Bupati Serdang Bedagai,  H. Darma Wijaya, direncanakan bakal hadir sebagai pemateri dalam kegiatan kuliah umum dengan tema teknopreneur yang akan digelar UISU pekan depan. Hal itu disampaikan Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP, usai melakukan silaturahmi dengan Bupati Sergai di Ruang Kantor Bupati Sergai Sei Rampah, Selasa (5/7/2022).

Pada kesempatan itu, Rektor UISU memaparkan tentang implementasi MoU UISU dan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai yang telah ditandatangani Desember 2020 lalu. Di antaranya, penanaman mangrove di Desa Pematang Kuala Teluk Mengkudu, Penanaman Pohon Cemara dan Pengabdian di Desa Lubuk Saban Pantai Cermin serta pelatihan pembuatan briket untuk masyarakat Teluk Mengkudu.

Selain itu, Rektor juga mengatakan UISU kini fokus bersama-sama para pelaku UMKM di Desa Pantai Cermin Kanan membantu dalam kegiatan pemasaran kerupuk dan bantuan alat produksi (mesin) untuk meningkatkan volume produksi kerupuk pelaku UMKM. UISU juga membantu pengadaan alat produksi pengadukan dodol untuk pelaku UMK di Bengkel.

Sedangkan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, Rektor UISU juga menyampaikan 220 mahasiswa UISU yang mengikuti kegiatan KKN Tematik akan disebar di 5 kecamatan dan 27 dDesa di Sergai selama  40 hari yang akan dimulai pada 12 Juli mendatang.  Dalam rangka mempererat kerja sama antara kedua institusi, Rektor UISU secara langsung mengundang Bupati Serdang Bedagai, H. Darma Wijaya, menjadi pemateri dalam kuliah umum yang rencananya akan digelar Kamis (14/7/2022) mendatang dan diikuti mahasiswa serta sivitas akademika UISU.

Kuliah umum yang mengambil teknopreneur birokrasi itu dianggap penting untuk memberikan wawasan dan merubah mindset ASN dalam melayani dengan berbasis entrepreneurship dan teknologi. Lebih jauh lagi, Bupati berharap kerja sama dengan UISU dapat ditingkatkan terkait pelayanan pendidikan tinggi untuk ASN dan masyarakat Serdang Bedagai secara umum.

Pihaknya juga menyatakan kesediaan untuk menghadiri kegiatan kuliah umum yang akan di laksanakan UISU. Bupati berharap, melalui kuliah umum dalam menyampaikan gagasan dan pengalamannya dalam mengeimplementasi pelayanan birokrasi yang berbasis enternprenuer dan teknologi atau yang dikenal dengan istilah teknopreneur, khususnya di Serdang Bedagai.

Orang nomor satu di Pemkab Sergai itu juga mengaku prihatin dengan pandangan masyarakat yang selalu berorientasi sebagai pencari kerja bukan menciptakan lapangan kerja. Harusnya, kata Bupati, lulusan-lulusan perguruan tinggi mampu menciptakan lapangan kerja dan inovasi sehingga tidak terfokus menjadi pencari kerja di institusi pemerintah maupun swasta. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar