Nawal Lubis Inginkan Kebutuhan Baca Masyarakat Terpenuhi

Ketua GPMB Sumut Nawal Lubis membuka Rakor GPMB Provinsi Sumut, diMedan, Kamis (23/06/2022). Foto : Diskominfo Sumut / Fahmi Aulia

KBRN, Medan : Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak kepada jajaran kepengurusan GPMB kabupaten/kota se-Sumut untuk bisa memenuhi kebutuhan baca masyarakat. Salah satunya melalui layanan perpustakaan yang terintegrasi dengan semua lapisan masyarakat.

Menurut Nawal, GPMB sebagai organisasi yang bertujuan meningkatkan literasi masyarakat harus tetap bersemangat, mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber literasi.

Oleh karena itu, GPMB sebagai mitra pemerintah agar terus berupaya  melakukan pembinaan dan pengembangan minat baca di daerah.

"Pengurus GPMB harus konstruktif dan inovatif, menyentuh semua lapisan masyarakat untuk terus menyosialisasikan bahwa membaca merupakan pintu gerbang menuju kesejahteraan," kata Nawal Lubis saat membuka Rakor GPMB di Medan, Kamis (23/6/2022).

Nawal berharap Rakor GPMB dapat merumuskan  program kerja, kegiatan, maupun strategi pembudayaan kegemaran membaca di kalangan masyarakat.

"Pengurus GPMB melihat apa yang tidak baik dua tahun lalu, evaluasi dan perbaiki, tuangkan ide-ide terbaik melalui program kerja demi kemajuan literasi di Sumut," ujarnya.

Sementara Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas RI Adin Bondar mengatakan, pemerintah terus berupaya membangun kegemaran membaca dan budaya literasi masyarakat. Karenanya, literasi perlu terus didorong, agar hidup masyarakat menjadi berkualitas dan sejahtera.

"Budaya literasi menjadi hal yang mendasar, melalui literasi akan terwujud masyarakat berpengetahuan yang inovatif, kreatif dan berkarakter," sebutnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Halen Purba mengatakan, Rakor GPMB ini untuk menaikkan indeks pembangunan literasi masyarakat, serta meningkatkan nilai kegemaran membaca di Sumut. Lebih meningkatkan hal-hal terkait keliterasian, baik di lingkungan pemerintah, masyarakat dan keluarga.

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar