Rektor USU Ajak Mahasiswa Tangkal Radikalisme

KBRN, Medan: Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, mengajak mahasiswa bersama menangkal radikalisme, terutama di lingkungan kampus. Hal tersebut disampaikan saat membuka kegiatan Focus Group Discussion bertajuk Fenomena Radikalisme di Indonesia yang diprakarsai oleh Pusat Studi Moderasi Beragama dan Karakter Bangsa USU, melalui daring, Jumat (24/9/2021).

“Peran serta mahasiswa sangat penting dalam menangkal radikalisme. Posisi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi rawan sebagai objek paparan radikalisme. Hal tesebut dikarenakan mahasiswa yang juga sedang dalam proses pencarian jati diri,” sebut Rektor USU.

Fenomena radikalisme menjadi isu yang perlu mendapat perhatian serius. Adanya radikalisme dikhawatirkan dapat memecah persatuan bangsa dan juga meningkatkan keresahan di tengah masyarakat. Penanganan yang komprehensif serta berkesinambungan dibutuhkan untuk dapat menangkal radikalisme berkembang.

Lebih jauh ia memaparkan jika pengaruh radikalisme dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor. Pengaruh dalam diri dan juga lingkungan sangat berperan dalam membentuk karakter serta dasar fikir seorang mahasiswa.

“Ada faktor internal dan eksternal yang membentuk pola fikir seseorang. Faktor internal tentu dari dalam dirinya sendiri, namun ada faktor yang juga besar pengaruhnya, yakni faktor eksternal. Lingkungan memberikan pengaruh besar bagi pola fikir,” sebutnya.

Muryanto Amin menyebutkan jika perlu penanganan serius agar potensi radikalisme ditengah masyarakat dapat ditekan. Ia sangat mengapresiasi adanya Pusat Studi Moderasi Beragama dan Karakter Bangsa yang akan berperan dalam hal itu.

“Adanya Pusat Studi Moderasi Beragama dan Karakter Bangsa menjadi satu langkah yang baik untuk menangkal penyebaran paham radikalisme. Saya berharap dengan adanya pusat studi ini dapat memberikan dampak signifikan dalam pencegahan paham radikalisme di Indonesia,” kata Muryanto.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00